8.433 Ekor Hewan Kurban di Medan akan Disembelih

Oleh: Ropesta Sitorus 21 Agustus 2018 | 01:17 WIB
8.433 Ekor Hewan Kurban di Medan akan Disembelih
Ilustrasi/Bisnis-Haffiyan.

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Kota Medan akan menyembelih 55 ekor lembu pada hari Raya Iduladha 1439 H, Rabu 22 Agustus 2018.

Hewan kurban itu akan disembelih di 21 Kecamatan se-Kota Medan. Selanjutnya, daging kurban tersebut akan disalurkan kepada warga, terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Hal itu disampaikan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin yang diwakili Kepala Inspektorat Farid Wajedi didampingi Kabag Agama Adlan ketika memimpin Rapat Persiapan Iduladha 1439 H dan Penyembelihan hewan kurban di Ruang Rapat III, Kantor Wali Kota Medan, Senin (20/08).

Farid mengatakan keseluruhan hewan kurban ini merupakan hasil kurban Wali Kota Medan beserta keluarga dan Wakil Wali Kota Akhyar Nasution beserta keluarga serta pejabat di lingkungan Pemko Medan. Penyembelihan ini akan dilaksanakan usai Shalat Iduladha.

"Hewan kurban akan didistribusikan masing-masing kecamatan, nantinya pihak kecamatan yang akan membagikan daging kurban tersebut kepada warga yang berhak. Bapak Wali Kota berpesan agar semangat berbagi ini terus dipelihara dan tingkatkan dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap sesama,” katanya.

Adapun, hingga Minggu (19/08) total jumlah hewan kurban untuk Kota Medan mencapai 8.433 ekor dengan perincian 6.399 ekor sapi/lembu dan 2.034 ekor kambing. Jumlah tersebut kemungkinan akan terus bertambah sampai dengan hari pelaksanaan kurban.

Farid menambahkan, pelaksanaan shalat Iduladha 1439 H akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka pada pukul 07.00 WIB. Penceramah dalam shalat Iduladha adalah Zulheddi yang merupakan Dosen UIN Sumatera Utara. Sedangkan imam dalam pelaksanaan shalat Iduladha adalah Muhammad Syafii, yang merupakan Qori Sumatera Utara.                 

"Pada malam Iduladha, (Selasa Malam) Pemko Medan juga akan menggelar kegiatan Takbiran dengan pemukulan bedug yang digelar di depan halaman kantor Wali Kota yang akan dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan serta sejumlah unsur Forkominda.”

Editor: Andhika Anggoro Wening

Berita Terkini Lainnya