Pilkada Serentak: Warga Lampung Antusias Laksanakan Hak Pilih

Oleh: Newswire 27 Juni 2018 | 12:43 WIB
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung nomor urut tiga Arinal Djunaidi (kiri) dan Chusnunia Chalim (kanan)./Antara-Ardiansyah

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG – Hari Rabu sebelum pukul 07.00 WIB, ternyata sudah cukup banyak warga yang mendatangi Tempat Pemungutan Suara 02 Kelurahan Waydadi, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Mereka mendatangi TPS itu untuk menggunakan hak politik dalam memilih pemimpinnya, yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, periode 2018-2023.

Meski waktu pencoblosan molor hampir setengah jam atau dimulai sekitar pukul 07.28 WIB, warga yang memiliki hak pilih tetap sabar menunggu sampai petugas TPS membereskan semua tertib administrasi pilkada di TPS tersebut.

Waktu molor itu justru dimanfaatkan warga untuk bercengkerama, saling menyapa dan menguatkan interaksi di antara mereka. Ketika jam menunjukkan pukul 07.28 WIB, petugas baru mempersilakan warga menggunakan hak pilihnya.

Suasana di TPS 02 Kelurahan Way Dadi terlihat nyaman dan aman, tanpa ada pengamanan mencolok. Warga hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 menit sejak menyerahkan formulir C-6 dan KTP kepada petugas, kemudian identitasnya dicatat, baru kemudian diserahkan kertas suara.

Pemilih mencoblos di bilik suara dan memasukkannya ke kotak suara, kemudian mencelup salah satu jari tangannya dengan tinta sebelum meninggalkan lokasi TPS. Daftar Pemilih Tetap (DPT) TPS 02 itu mencapai 354 orang dengan latar belakang pemilih yang berbeda satu sama lain.

Antusiasme warga juga terlihat di sejumlah TPS lainnya. Suasana pilkada aman dan mendapatkan penjagaan dari polisi dan aparat gabungan lainnya.

Di kawasan bisnis Jalan Antasari, banyak warga yang mendatangi TPS yang didirikan di depan ruko, begitu juga di pusat perekonomian lainnya seperti di Telukbetung.

Beberapa warga menyebutkan mereka menggunakan hak pilihnya pada jam awal di TPS karena masih harus bekerja atau ada urusan lainnya, serta mereka berkepentingan untuk menggunakan haknya dalam memilih pemimpin Lampung untuk lima tahun ke depan.

Di tempat lain, warga juga bersemangat mendatangi TPS untuk menentukan pilihannya. Warga di kawasan permukiman Sumur Batu, Bandar Lampung sudah memenuhi TPS 7 yang merupakan tempat yang akan didatangi Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo yang juga calon gubernur pada Pilkada Lampung, 27 Juni 2018.

Warga sudah mulai ramai berdatangan ke TPS 7 yang berlokasi di kompleks lapangan olahraga tenis milik PT Pusri sejak pukul 07.00 WIB.

Antuasisme juga ditunjukkan para pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung berserta para pendukungnya. Gubernur Lampung yang kembali maju dalam pilgub, Muhammad Ridho Ficardo dan istri, Aprilani Yustin Ridho Ficardo, memberikan hak suaranya atau mencoblos di TPS 7 Sumur Batu, Telukbetung Utara Bandar Lampung.

Sementara Calon Gubernur Lampung nomor urut 2 Herman HN. bersama isteri dan anak-anaknya mencoblos di TPS Kelurahan Palapa yang berjumlah 601 pemilih terdiri atas 300 laki-laki dan 300 perempuan.

Dalam kesempatan itu, ia mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan cerdas dengan memilih pemimpin yang peduli dengan kesejahteraan rakyat.

"Mari kita bersama gunakan hak pilih kita, dan gunakan hati nurani untuk memilih pemimpin yang baik. Jangan pilih pemimpin yang bayar sana bayar sini, perintah sana perintah sini. Rakyat butuh pemimpin yang mampu membangun Lampung," kata Herman.

Dia juga mengajak masyarakat untuk menjaga pilkada di Lampung agar berlangsung dengan damai dan aman, termasuk para penyelenggara pilkada seperti Komisi Pemilihan Umum, Bawaslu, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Menurut dia, masyarakat Lampung membutuhkan pemimpin yang mampu membangun infrastruktur, terutama jalan, pendidikan, dan kesehatan, misalnya berobat gratis.

Saat ditanya soal antispasi kecurangan dan praktik politik uang, Herman yang sedang menjalankan cuti dari jabatannya sebagai Wali Kota Bandar Lampung itu menyatakan jangan sampai pilkada dikotori oleh tindakan seperti itu, karena masyarakat harus dididik memilih pemimpin yang baik dan amanah, santun dan tak memaksa masyarakat.

"Mari kita pilih pemimpin yang tahu aturan, jangan memaksa orangm dan harus mampu menjalankan amanah rakyat," katanya.

Sebagaimana calon gubernur lainnya, Cagub Arinal Djunaidi menggunak hak pilihnya di TPS 13 Sepang Jaya Bandarlampung. Ia tiba di TPS pukul 09.00 WIB bersama keluarganya.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya