Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara SMB II Palembang Akan Buka Rute Penerbangan ke Bali dan Makassar

Mobilitas masyarakat melalui angkutan udara di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) menunjukkan gairah yang positif.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG – Mobilitas masyarakat melalui angkutan udara di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) menunjukkan gairah yang positif. Hal itu terlihat dari jumlah pergerakan pesawat atau aircraft movement setiap harinya. 

Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Iwan Winaya Mahdar mengatakan pergerakan pesawat saat ini rata-rata berkisar 50-60 per hari pada saat hari kerja. 

“Kalau pada saat hari libur (weekend) bisa mencapai 70 aircraft movement,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (11/9/2024). 

Menurutnya, salah satu maskapai yang biasa hanya melakukan satu kali penerbangan juga telah menambah frekuensi menjadi dua kali dalam satu hari. 

Oleh karena itu pihaknya juga terus memberikan informasi data angkutan udara kepada seluruh maskapai agar potensi permintaan [demand] yang ada dapat dioptimalkan. 

Iwan menambahkan, seiring dengan kebutuhan masyarakat, Bandara SMB II Palembang juga akan kembali membuka rute penerbangan baru diantaranya untuk rute Palembang-Denpasar-Palembang dan Palembang-Makassar-Palembang. 

“Insya Allah, di bulan Oktober akan dibuka rute Palembang-Denpasar dan Palembang- Makassar,” kata dia. 

Sekadar informasi, kunjungan penumpang ke SMB II Palembang terbanyak sejauh ini berasal dari Bandara Internasional Soekarno -Hatta (CGK), Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP) Jakarta, dan Bandara Internasional Hang Nadim (BTH) Batam.

Kemudian Bandara Internasional Juanda (SUB) Surabaya, Bandara Depati Amir (PGK) Bangka Belitung, Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dan Bandara Internasional Kualanamu (KNO) Sumatra Utara.

Sementara itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, perkembangan keberangkatan dan kedatangan penumpang melalui angkutan udara di Sumsel periode Juli 2024 menunjukkan pertumbuhan 7,76% secara year on year (yoy) dengan jumlah penumpang sebanyak 264,98. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper