Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sampai Agustus 2024, Realisasi Fisik APBD Bengkalis Capai 56,04%

Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyatakan sampai Agustus 2024, angka realisasi APBD daerah itu sudah berada di posisi 56,04%.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyatakan sampai Agustus 2024, angka realisasi APBD daerah itu sudah berada di posisi 56,04%, dan diharapkan terus meningkat hingga dapat terserap optimal sampai akhir tahun.

Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Bustami memaparkan realisasi fisik APBD Kabupaten Bengkalis mencapai 56,04%, sementara realisasi keuangan berada di angka 47,31%.

Meski belum maksimal, Bustami mengapresiasi upaya seluruh perangkat daerah dan meminta agar penyerapan anggaran terus dipercepat menjelang akhir tahun.

“Kami berharap agar penyerapan realisasi fisik dan keuangan bisa ditingkatkan, sehingga target 100% dapat tercapai sebelum akhir tahun,” ujarnya, Selasa (10/9/2024).

Selain realisasi APBD, pemkab Bengkalis juga mendorong realisasi bantuan khusus dari Provinsi Riau dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat.

Bustami meminta perangkat daerah terkait untuk terus berkoordinasi agar proses penyerapan anggaran itu berjalan lancar.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Riau mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mempercepat realisasi anggaran daerah tahun ini, yang sudah mencapai 48,60% di awal Agustus 2024.

Penjabat (Pj) Gubernur Riau Rahman Hadi menyoroti pentingnya mempercepat realisasi program kerja, khususnya terkait realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau 2024 yang tahun ini senilai Rp11,02 triliun. 

Pemprov mencatat realisasi fisik telah mencapai 59,31%, sementara realisasi keuangan baru berada di angka 48,60%. Dia menilai capaian ini cukup baik, meskipun idealnya berada di angka 68%.

"Realisasi APBD kita sejauh ini lumayan bagus dengan capaian 48,60%, terutama di tahun politik seperti ini. Tantangannya adalah bagaimana memastikan anggaran yang sudah direncanakan dapat segera terealisasi dengan efektif," ujarnya.

Dia menekankan agar setiap OPD lebih proaktif dalam mempercepat pelaksanaan program dan penggunaan anggaran, mengingat pentingnya menjaga stabilitas dan keseimbangan dalam menjalankan roda pemerintahan di tengah tahun politik.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper