Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Turis Malaysia dan Belanda Ramai-ramai Berwisata ke Riau Selama Juli 2024

Selama Juli 2024, Riau diramaikan oleh turis asal Malaysia dan Belanda
Ilustrasi wisata Riau
Ilustrasi wisata Riau

Bisnis.com, PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Riau pada Juli 2024 mencapai 38.365 kunjungan, paling banyak dari Malaysia dan Belanda.

Kepala BPS Riau, Asep Riyadi, mengungkapkan dari jumlah tersebut, sebanyak 4.535 kunjungan wisman masuk melalui empat pintu utama imigrasi, yakni Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Bengkalis, dan Pelabuhan Tanjung Harapan Kepulauan Meranti. 

"Selain itu, kunjungan wisman yang tercatat melalui Mobile Positioning Data (MPD) di Kabupaten Bengkalis mencapai 33.830 kunjungan," ungkapnya Senin (2/9/2024).

Dia mengakui meski jumlah kunjungan wisman tersebut cukup besar, angka ini menunjukkan penurunan sebesar 0,71% dibandingkan bulan Juni 2024 (month-to-month). 

Namun, secara year-on-year, kunjungan wisman pada Juli 2024 mengalami peningkatan sebesar 0,60% dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

Wisman yang datang ke Riau pada Juli 2024 didominasi oleh wisatawan asal Malaysia, yang menyumbang 30,57% dari total kunjungan. Negara lainnya yang menyumbang jumlah wisman cukup besar adalah Belanda sebesar 16,91%, Singapura sebesar 8,98%, Tiongkok sebesar 7,11%, dan Filipina sebesar 5,56%.

Selain data kunjungan wisman, Asep Riyadi juga melaporkan tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Riau pada bulan Juli 2024. TPK tercatat sebesar 48,74%, mengalami kenaikan 0,72 poin dibandingkan dengan TPK bulan Juni 2024 yang sebesar 48,02%. TPK tertinggi selama Juli 2024 terjadi pada hotel bintang 4, dengan tingkat penghunian mencapai 56,49%.

"Namun, rata-rata lama menginap tamu (RLMT) di hotel berbintang pada Juli 2024 mengalami sedikit penurunan. RLMT tercatat selama 1,28 hari, turun 0,02 poin dibandingkan dengan RLMT bulan sebelumnya yang sebesar 1,30 hari," ujarnya.

Kunjungan wisman dan tingkat penghunian kamar hotel ini memberikan gambaran tentang tren pariwisata di Riau, yang meskipun mengalami sedikit penurunan dibanding bulan sebelumnya, masih menunjukkan peningkatan dalam jangka waktu tahunan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper