Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hati-hati, Ini Daftar 60 Hotel di Sumbar yang Akun Google Business Terkena Hack

Hack yang dihadapi para pengusaha hotel itu yakni untuk nomor telepon dan alamat email yang tertera di google business di ubah oleh hacker.
Resepsionis melayani para tamu yang melakukan check-in jelang libur Tahun Baru 2023 di Hotel Aston Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/12)./ JIBI/Bisnis/Rachman.
Resepsionis melayani para tamu yang melakukan check-in jelang libur Tahun Baru 2023 di Hotel Aston Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/12)./ JIBI/Bisnis/Rachman.

Bisnis.com, PADANG - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyebutkan terdapat 60 hotel di Provinsi Sumatra Barat yang akun google business terkena hack.

Ketua PHRI Sumbar Rina Pangeran mengatakan hack yang dihadapi para pengusaha hotel itu yakni untuk nomor telepon dan alamat email yang tertera di google business di ubah oleh hacker. 

"Biasanya kan pelanggan hotel itu cari kontak atau nomor telepon untuk menghubungi hotel bisa di cari di google. Nah, yang hacker ini akun business milik pihak hotel di ubah dengan nomor milik si hacker dan bahkan pembayaran booking nya menggunakan rekening bank si hacker dan bukan punya pihak hotel," katanya, Selasa (13/8/2024).

Dia menjelaskan persoalan itu telah dilakukan antisipasi dengan cara mengganti kembali dengan data-data asli pihak hotel. Namun upaya itu tidak berhasil, beberapa menit kemudian hacker itu melakukan cara mengubah kembali data-data akun google business tersebut ke kondisi semula ketika di hack.

Rina menegaskan kendati data-data akun google business telah di hack, pihak hotel yang tergabung dalam PHRI telah mengumumkan melalui akun media sosial masing-masih hotel bahwa kondisi akun google business sedang diretas, dan telah diimbau berhati-hati melakukan booking ke hotel.

Dia menjelaskan hal yang dikhawatirkan itu, ternyata hacker memberikan penawaran yang menarik dengan harga kamar yang ditawarkan sangat lah murah, sehingga akan membuat calon pelanggan membooking melalui akun hacker.

Bahkan PHRI juga telah meminta kepada pihak google di Indonesia untuk membantu persoalan tersebut, sehingga si hacker tidak bisa meretas akun google business milik pihak hotel di tanah air.

"Beruntung belum ada yang transaksi booking dari pelanggan ke hotel di Sumbar. Jadi belum ada kerugian," ujarnya.

"Dalam kondisi seperti ini lebih di sarankan kepada pelanggan untuk datang langsung ke hotel, mungkin melalui orang yang dipercaya yang berada di Sumbar, yang bisa dibantu untuk mewakili datang langsung ke hotel-hotel," sambung Rina.

Dikatakannya persoalan tersebut juga dilaporkan ke Mabes Polri, dengan harapan segera ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian, karena kasus hacker tersebut tidak hanya dialami hotel-hotel di Sumbar, tapi terjadi secara nasional.

"Saya mengimbau kepada masyarakat atau pelanggan harus berhati-hati dalam melakukan booking hotel sampai kondisi ini dinyatakan normal kembali atau baik-baik saja," sebut Rina.

Rina juga berharap semoga pemerintah segera turun tangan dan mencarikan jalan keluar agar para hacker tersebut tidak terus tumbuh dan membuat kacau dunia digital. 

"Karena memang saat ini kegiatan sehari-hari kami tidak bisa dipisahkan dari dunia digital. Jika tidak ada kepastian keamamanan dalam penggunaannya akan membuat masyarakat jadi bingung dan panik," imbuhnya.

Daftar Hotel Terkena Hack di Sumbar
1. Mangkuto Hotel Payakumbuh
2. Triple Tree
3. Grand Rocky Hotel Bukittinggi
4. Mersi Hotel
5. UNP Hotel
6. Maninjau Indah Hotel
7. Cavery Beach Hotel
8. Bunda Hotel Padang
9. ZHM Premiere Hotel
10. Ocean Beach Hotel 
11. Jorisa Hotel
12. Faveolo
13. Ion hotel
14. Daima Hotel Padang
15. Daima Gardenstay
16. Pangeran Beach Hotel
17. Pangeran City Hotel
18. My All Hotel
19. Bunda Hotel Padang
20. Mervit Hotel
21. Bumiminang Hotel
22. Hotel Garuda 
23. ⁠Grand Sari Hotel
24. Cavery Beach Hotel
25. Riad Hotel Bukittinggi 
26.  Hotel Rumah RB
27. Hw Hotel
28. ⁠Rocky Plaza Hotel
29. Hotel Yuriko
30. Hotel Salma
31. Hangtuah Hotel
32. Rangkayo Basa Padang
33. Guesthouse Rangkayo Basa Padang 
34. Savali Hotel
35. The Balcone Suites & Resort
36. Hotel Truntum Padang
37. Grand Basko Hotel
38. Mongonsidi Hotel 
39. Hotel Campago
40. Ox Ville Hotel 
41. Whiz Prime Padang 
42. Hotel Bintang 
43. ⁠The Axana Hotel 
44. Puncak Airmanis bu Residence( Airmanis Hill Residence)
45. Kawana
46. Hotel Padang
47. Mulia Hotel Bukitinggi
48. Bat And Arrow
49. ⁠Grand Gallery Hotel Bukittinggi 
50. Imelda Hotel Padang
51. Grand Royal Denai Hotel Bukittinggi
52. Royal Denai Hotel Bukittinggi 
53. Royal Denai View Hotel Bukittinggi 
54. Grand Bunda Bukittinggi
55. Mercure Padang
56. Ibis Padang
57. Plan B Hotel
58. Bougenville hotel
59. Mocca Guest House
60. Sawahan Hotel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper