Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Progres Revitalisasi Masjid Agung Batam Sudah Rampung 90%

Proyek revitalisasi Masjid Agung Batam sudah rampung 90%. Masjid terbesar di Batam ini rencananya mulai beroperasi Agustus mendatang.
Kepala BP Batam Muhammad Rudi (tengah, baju putih) saat meninjau proyek Masjid Agung Batam. /Pemko Batam
Kepala BP Batam Muhammad Rudi (tengah, baju putih) saat meninjau proyek Masjid Agung Batam. /Pemko Batam

Bisnis.com, BATAM - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi menyebut proyek revitalisasi Masjid Agung Batam sudah rampung 90%. Masjid terbesar di Batam ini rencananya mulai beroperasi Agustus mendatang.

"Awal Agustus akan diresmikan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan. Untuk landscape akan dibangun tahun depan," kata Rudi, Rabu (26/4/2024) usai meninjau proyek tersebut.

Rudi optimistis pembangunan masjid tersebut bisa selesai tepat waktu. "Rencana kami akan mengundang penceramah kondang saat peresmian awal Agustus mendatang," katanya.

Rudi yang juga Wali Kota Batam menegaskan pihaknya ingin semua fasilitas di dalam dan di luar masjid sesuai perencanaan, sehingga jemaah nantinya nyaman saat beribadah di Masjid Agung Batam Centre.

Ia berharap masjid itu segera difungsikan mengingat masjid tersebut menjadi tumpuan masyarakat di kawasan Kecamatan Batam Kota untuk menjalankan ibadah.

"Hampir setahun tak beroperasi, kami ingin masjid yang bagus dan besar ini segera difungsikan. Masjid ini menjadi kebanggan masyarakat Batam," katanya lagi.

Tak hanya berhenti di tahun ini, Masjid Agung Batam Center akan kembali dilengkapi pada tahun 2024, khususnya untuk membangun menara dan taman penghijauan di kawasan itu.

"Ini dibangun dengan anggaran multi years dan akan ditambah lagi, salah satunya untuk membangun dua menara dan penghijauan di kawasan masjid. Itu akan dikerjakan pada 2025," paparnya.

Jika semua selesai, masjid tersebut akan menjadi tempat yang nyaman serta menjadi destinasi wisata religi di Batam. Untuk itu, dalam proses pembangunan itu, ia ingin semua fasilitas di dalamnya harus memadai.

"Masjid ini melengkapi sejumlah masjid yang sudah ada dan akan kami bangun di Batam. Ada beberapa masjid yang megah kita bangun seperti Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Masjid Tanjak. Dan kami juga berencana membangun masjid berbentuk kapal di Nongsa dan masjid di kawasan KEK Kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, GM PT Adhi Karya (Persero) Tbk Bagus Prima Anugerah mengatakan bahwa progres revitalisasi masjid yang mampu menampung 30.000 jemaah tersebut, tidak terdapat permasalahan signifikan. Bahkan, untuk material utama sudah ada dan beberapa material lainnya akan tiba hingga pertengahan Juli.

“Saat ini progres sudah 90%. Pengerjaan paling lambat awal Agustus dan paling cepat akhir Juli. Kami siap 100 persen suport pekerjaan ini segera selesai agar segera memberikan manfaat bagi masyarakat Batam," ujarnya.(K65)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper