Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terbaik di Sumatra, Ini Strategi Pemkot Pekanbaru Kendalikan Inflasi Bahan Pangan

Upaya pengawasan ketat terus dilakukan terhadap distributor dan gudang, untuk memastikan tidak ada lonjakan harga yang tidak terkendali.
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pekanbaru berhasil meraih penghargaan sebagai TPID Terbaik wilayah Sumatra tahun 2024.
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pekanbaru berhasil meraih penghargaan sebagai TPID Terbaik wilayah Sumatra tahun 2024.

Bisnis.com, PEKANBARU -- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pekanbaru berhasil meraih penghargaan sebagai TPID Terbaik wilayah Sumatra tahun 2024. 

Penghargaan dari prestasi ini diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, dan diterima oleh Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2024 di Jakarta.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras TPID Kota Pekanbaru serta dukungan berbagai pihak seperti Bank Indonesia, Pemerintah Provinsi Riau, Polda Riau, BPS, dan lainnya.

“Capaian ini adalah buah kerja keras kita semua, berkat koordinasi yang baik dengan semua pihak terkait,” kata Indra Pomi.

Indra Pomi juga mengungkapkan beberapa strategi yang menjadi kunci keberhasilan TPID Kota Pekanbaru mengendalikan angka inflasi, hingga berbuah penghargaan TPID Award 2024. 

Salah satu strategi utama adalah menggandeng tauke-tauke besar di Pekanbaru untuk berdiskusi mengenai harga barang-barang pokok. Melalui diskusi ini, TPID dapat memprediksi dan mengendalikan harga bahan pokok yang berpotensi mengalami kenaikan.

“Kami mengundang tauke-tauke besar untuk berdiskusi tentang bagaimana menjaga agar harga barang-barang tidak naik dan memprediksi harga bahan pokok yang mungkin akan naik,” ujarnya.

Dia mengakui meskipun lebih dari 50% pasokan bahan pokok di Pekanbaru masih bergantung pada daerah lain, TPID Kota Pekanbaru tetap berkomitmen menjaga suplai dan harga bahan pangan agar tetap stabil. 

Menurutnya upaya pengawasan ketat terus dilakukan terhadap distributor dan gudang, untuk memastikan tidak ada lonjakan harga yang tidak terkendali.

“Kami akan terus mengawasi distributor, gudang, dan lainnya dengan dukungan BI dan pihak terkait, sehingga kami optimis mampu menjaga inflasi tetap stabil,” tambahnya.

Kepala Bank Indonesia Provinsi Riau Panji Achmad juga memberikan apresiasi atas kerja keras TPID Kota Pekanbaru. Dia menekankan bahwa keberhasilan ini adalah hasil dari kerjasama semua pihak, termasuk pemprov, Polda, BPS, dan stakeholder lainnya.

“Ini keberhasilan kita semua. Apa yang diraih oleh TPID Pekanbaru juga berkat dukungan dari semua pihak,” ujarnya.

Panji Achmad juga mengingatkan bahwa tantangan dalam menjaga inflasi tetap stabil akan semakin besar dengan adanya momen Idul Adha, libur sekolah, dan musim panas yang akan segera datang.

“Dalam waktu dekat, akan ada banyak tantangan dalam menjaga inflasi tetap stabil, seperti momen Idul Adha, libur sekolah, dan musim panas,” kata Panji mengingatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper