Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Idulfitri 2024: Ada 22 Perjalanan Kereta dari KAI Sumut, Cek Daftarnya

PT KAI Divre I Sumatra Utara (Sumut) bersiap menyambut arus lebaran Idulfitri 2024 dengan mengoperasikan 22 perjalanan kereta api (KA) per hari.
Ilustrasi jalur kereta api./ Dok. Kemenhub
Ilustrasi jalur kereta api./ Dok. Kemenhub

Bisnis.com, MEDAN -- PT KAI Divre I Sumatra Utara (Sumut) bersiap menyambut arus mudik dan balik dengan mengoperasikan 22 perjalanan kereta api (KA) per hari di masa Angkutan Lebaran 2024. Penambahan perjalanan terkait arus lebaran Idulfitri 2024 ini terhitung sejak 31 Maret lalu sampai 21 April 2024. 

Vice President PT KAI (Persero) Divre I Sumut Mohamad Arie Fathurrochman mengatakan PT KAI Divre I Sumut telah melakukan sejumlah persiapan dari sisi pelayanan, keamanan dan kenyamanan, baik di stasiun maupun di atas kereta guna menghadapi masa angkutan lebaran (angleb) 2024. Angka perjalanan pun ditambah untuk melayani penumpang yang hendak mudik Lebaran.

“Pada masa angleb 2024 ini, PT KAI Divre I Sumut akan mengoperasikan total 484 perjalanan KA atau 22 perjalanan KA per harinya dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 219.208 seat untuk melayani masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman guna merayakan lebaran bersama keluarga,” kata Arie dalam keterangan resmi, Sabtu (5/4/2024).

Dikatakan Arie, sampai Jumat (5/4/2024) tiket KA angleb yang telah terjual sebanyak 97.707 atau 45% dari tiket yang disediakan yakni 219.208 seat.

Dari jumlah tersebut, lanjutnya, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yaitu pada H-2 dan H-1 Lebaran atau tanggal 8 dan 9 April 2024 dengan tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 60 %.

"Jumlah tersebut masih akan terus bertambah seiring penjualan tiket KA masih berlangsung," tambahnya.

Adapun daftar KA reguler dan KA tambahan yang akan beroperasi di masa angkutan lebaran 2024 wilayah Divre I Sumut sebagai berikut :

KA Reguler :

• KA Sribilah Utama relasi stasiun Medan - Rantauprapat: 6 KA

• KA Putri Deli relasi stasiun Medan - Tanjung Balai: 6 KA

• KA Siantar Ekspress relasi stasiun Medan - Siantar: 4  KA

• KA Datuk Belambangan relasi stasiun Tebing Tinggi - Lalang: 4 KA

KA Tambahan:

• KA Sribilah Utama Fakultatif relasi stasiun Medan - Rantauprapat: 2 KA

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KAI Divre I Sumut menambah perjalanan KA Sribilah Utama Fakultatif relasi Medan - Rantauprapat sebanyak 2 perjalanan.

KA tambahan di momen angleb itu telah dioperasikan sejak tanggal 31 Maret 2024 dengan jadwal keberangkatan dari stasiun Medan pukul 10.25 WIB dan dari Stasiun Rantauprapat pukul 17.05 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler