Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Bidik Jumlah Kunjungan Wisatawan Naik Hingga 15%

Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sumsel pada tahun 2023 mencapai kisaran 3 jutaan orang.
wisata palembang/Hallo Palembang
wisata palembang/Hallo Palembang

Bisnis.com, PALEMBANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) mengharapkan jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah itu tumbuh di atas 15% pada tahun 2024. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sumsel pada tahun 2023 mencapai kisaran 3 jutaan orang. 

“Ya kita harapkan tahun ini bisa diatas 15% (peningkatan),” katanya dalam peluncuran Calender of Event 2024, dikutip Jumat (22/3/2024). 

Dia menerangkan perkiraan peningkatan wisatawan itu sejalan dengan beberapa kondisi saat ini salah satunya masa pandemi yang telah selesai. Terlebih, Pemerintah Provinsi Sumsel juga telah menggodok kerja sama dengan sejumlah maskapai untuk menambah rute penerbangan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. 

Seperti untuk tahun ini penerbangan Palembang-Bali, Palembang- Batam, dan rencananya juga penerbangan Palembang-Kualanamu. 

“Kita juga akan buka penerbangan dari Way Tuba, Lampung- Jakarta yang diharapkan memudahkan akses wisatawan ke destinasi wisata di tiga OKU Raya meliputi OKU, OKU Timur, OKU Selatan termasuk juga OKI, ” jelasnya. 

Menurut Aufa, cukup banyak maskapai yang siap membuka penerbangan di Sumsel diantaranya Scoot dan Air Asia. Pihaknya berharap dengan lebih banyaknya tambahan pembukaan jalur penerbangan itu dapat mendongkrak geliat pariwisata di Bumi Sriwijaya. 

“Kita juga akan coba merayu Menhub untuk bisa membuka kembali penerbangan internasional, sebab dari data beberapa tahun kebelakang jumlah wisatawan mancanegara kita turun karena tak ada penerbangan langsung,” pungkasnya. 

Diketahui berdasarkan data Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Provinsi Sumsel telah masuk dalam 5 destinasi gemuk di Indonesia dan menduduki rangking 5 nasional untuk jumlah kunjungan domestik. 

Sementara untuk keempat provinsi lain meliputi Bali, DKI, Jawa Timur dan Provinsi Jawa Barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper