Progres Tol Bangkinang - XIII Koto Kampar Sudah 90%

Progres pembangunan jalan Bangkinang-XIII Koto Kampar atau Tanjung Alai, sudah mencapai 90% dan diperkirakan pada April sudah fungsional.
Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Padang - Dok. Hutama Karya
Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Padang - Dok. Hutama Karya

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemprov Riau mencatat progres pembangunan fisik proyek jalan tol Bangkinang-XIII Koto Kampar yang masuk ke dalam tol Pekanbaru-Padang, telah mencapai 90%.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau M Arief Setiawan mengatakan rencananya ruas tol terbaru di Riau itu akan dibuka fungsional kembali pada momen libur Idul Fitri.

"Kami mendapatkan informasi terkait dengan pembangunan jalan tol Bangkinang-XIII Koto Kampar, telah mencapai 90 persen. Ditargetkan pada April akan difungsionalkan oleh pihak Hutama Karya. Waktunya, bertepatan dengan menghadapi Hari Raya Idulfitri 2024," ungkapnya, Selasa (6/2/2024).

Dia menjelaskan memang untuk progres pembangunan jalan Bangkinang-XIII Koto Kampar atau Tanjung Alai, sudah mencapai 90% dan diperkirakan pada April sudah fungsional. 

Selain itu, untuk ruas tol Pekanbaru-Rengat seksi satu dan dua menurutnya sudah sampai tahapan pengadaan lahan. Kemudian pengerjaan fisiknya mungkin dimulai awal Maret 2024, yang akan dilakukan yakni pengerjaan fisik tol dari exit tol Pekanbaru-Dumai sampai ke Rimbo Panjang atau ke gerbang tol Pekanbaru-Bangkinang nantinya akan tersambung.

Sebelumnya pada momen Natal dan tahun baru 2024 lalu, terjadi peningkatan arus lalu lintas kendaraan yang masuk ke ruas jalan tol Pekanbaru-Bangkinang. Kondisi yang sama juga terjadi pada ruas tol Pekanbaru Dumai.

Peningkatan terjadi setelah di fungsionalkannya tol Bangkinang-XIII Koto Kampar, pada 25 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 lalu.

Branch Manager manajer Tol Pekanbaru-Bangkinang, PT Hutama Karya (Persero), Jarot Seno Wibawa, mengatakan, peningkatan traffic kendaraan yang masuk ke ruas Tol Pekanbaru Bangkinang, tercatat 40.632 kendaraan atau meningkat 30,17 persen dari volume lalu lintas normal.

“Untuk volume lalu lintas selama arus libur Natal dan tahun baru 2024, sejak dibukanya fungsional jalan tol ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar, 25 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 total kumulatif traffic kendaraan mencapai 2.724 kendaraan. Untuk ruas Tol Pekanbaru Bangkinang, total kumulatif 40.632 kendaraan yang melintas atau meningkat 30,17 persen,” ujar Jarot.

Persentase peningkatan kendaraan, tol Pekanbaru-Bangkinang cukup tinggi, namun untuk jumlah kendaraan yang masuk Tol Pekanbaru-Dumai lebih banyak.

Lalu lintas kendaraan yang masuk ke ruas Tol Pekanbaru-Dumai, yakni mencapai 108.833 kendaraan.

“Terhitung sejak tanggal 26 Desember 2023 31 Desember 2023, Hutama Karya mencatat peningkatan trafik Kendaraan yang masuk ke Tol Pekanbaru-Dumai. Total kumulatifnya mencapai 109.833 kendaraan yang melintas, atau meningkat 16.75 persen dari volume lalu lintas normal,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper