Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Batam Salurkan Listrik Dukung Data Center di KEK NDP

PLN Batam siap mendukung investasi digital di KEK NDP, dari segi keandalan pasokan listrik maupun ketersediaan daya.
PLN/JIBI-Paulus Tandi Bone
PLN/JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, BATAM - PLN Batam resmi menyalurkan kebutuhan listrik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park (NDP) untuk mendukung kebutuhan industri digital tersebut.

Direktur Utama PLN Batam, Muhammad Irwansyah Putra mengatakan PLN Batam siap mendukung investasi digital di KEK NDP, dari segi keandalan pasokan listrik maupun ketersediaan daya. Dia juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2023, PLN Batam menambah daya mampu sebesar 100 MW, kemudian pada Februari tahun 2024 ini akan beroperasi 150 MW lagi.

"Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, PLN Batam akan menyediakan daya sebesar 500 MW untuk PT Tamarin kawasan digital," katanya pada Jumat (27/1/2024).

Pada tahun 2023 dan awal tahun 2024 PLN Batam sudah menambah daya mampu sebesar 250 MW, dengan beban puncak Batam-Bintan adalah 603 MW. Artinya PLN Batam memiliki reserve margin yang sangat cukup yaitu sebesar 30% dari beban puncak 

Kedepannya, kelistrikan Batam akan ditopang dengan energi bersih dari Pulau Sumatra melalui pembangunan transmisi kabel bawah laut untuk lebih memperkokoh sistem kelistrikan Batam, dimana rencana pengiriman energi tahap awal sebesar 300 MW.

Bagi perusahaan yang membutuhkan sertifikat green energy, PLN Batam juga sudah menandatangani kerjasama layanan Renewable Energy Certificate (REC) bersama PT PLN (Persero). Ini memudahkan pelanggan untuk mendapatkan pengakuan atas penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT), yang transparan dan diakui secara internasional.

"Dengan penandatanganan PJBTL ini, kami berharap investor berbondong-bondong datang ke Batam untuk mempercayakan sumber listriknya pada PLN Batam. Selain itu Batam juga merupakan salah satu daerah yang aman, sehingga jarang terjadi bencana besar. Jadi keamanan dan security daripada data center sangat cocok diletakkan di Batam," tuturnya.

Direktur Utama PT Tamarin, Michael Kristian Wiluan memberikan apresiasi kepada PLN Batam, karena akan menyalurkan tenaga listrik bagi keperluan data center di KEK NDP.

"Tamarin bermitra dengan PLN Batam menandatangani Surat PJBTL untuk penyediaan dan pemenuhan kebutuhan tenaga listrik. Diharapkan kerjasama ini akan menjadi daya tarik investor data center untuk merelokasi bisnisnya ke Nongsa Digital Park," tutup Michael.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani secara langsung oleh Irwansyah Putra, Direktur Utama PT Tamarin, Michael Kristian Wiluan, serta disaksikan oleh CEO Citramas Group, Kris Taenar Wiluan, Deputi Pengelolaan Kawasan dan Investasi Badan Pengusahaan (BP) Batam, Sudirman Saad, Direktur Max Power Dandi Prihanto Dan Arie Wibowo beserta Direktur PT Tamarin, Peter Vincent.  (K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper