Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cuaca Ekstrem Mengintai Sumsel Sepekan Mendatang

Intensitas hujan di Provinsi Sumatra Selatan dalam sepekan ke depan diprediksi kembali meningkat.
Warga melintas saat hujan./Bisnis-Himawan L Nugraha.
Warga melintas saat hujan./Bisnis-Himawan L Nugraha.

Bisnis.com, PALEMBANG – Intensitas hujan di Provinsi Sumatra Selatan dalam sepekan ke depan diprediksi kembali meningkat. 

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stamet SMB II Palembang, Veronica Sinta mengatakan peningkatan itu utamanya terjadi di tanggal 18-20 Januari 2024. 

“Kemudian pada 22 Januari berangsur menurun, lalu ada kecenderungan meningkat lagi dari tanggal 23 Januari," jelasnya, Kamis (18/1/2024). 

Diketahui intensitas hujan tinggi yang telah terjadi sejak awal Januari 2024 ini menyebabkan sejumlah daerah di Bumi Sriwijaya mengalami bencana banjir. Beberapa di antaranya Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Musi Rawas (Mura), Musi Banyuasin (Muba), Lahat, Prabumulih dan Empat Lawang. 

Veronica mengungkapkan kondisi intensitas hujan tinggi di Sumsel dalam sepekan ini secara umum masih dipengaruhi oleh aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO). 

Fenomena MJO, jelas dia, akan berdampak pada kondisi anomali curah hujan pada suatu wilayah yang dilaluinya. “Ini menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan yang beberapa hari kedepan berpotensi cuaca ekstrem seperti hujan dengan intensitas sedang-lebat. Dan pasokan uap air masih cukup masif dengan aktifnya MJO,” imbuhnya. 

Dia menambahkan, prakiraan tersebut juga telah disampaikan kepada seluruh kabupaten/kota di Sumsel, agar dapat melakukan antisipasi berbagai bencana yang terjadi, utamanya banjir dan longsor. 

"Kita sudah menyosialisasikan untuk prakiraan musim hujan supaya pemerintah dan instansi terkait siap lebih awal dalam mengantisipasi bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi. Kami juga selanjutnya secara berkala menginformasikan update informasi prakiraan cuaca ini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler