Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Jalan di Sumsel Dianggarkan Rp425 Miliar pada 2024

Anggaran tersebut akan digunakan untuk pengerjaan paket jalan dengan jumlah sebanyak 83 paket.
Ilustrasi pembangunan jalan./JIBI
Ilustrasi pembangunan jalan./JIBI

Bisnis.com, PALEMBANG – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) mengungkapkan total nilai anggaran yang disiapkan untuk pengerjaan paket jalan di Provinsi Sumatra Selatan tahun 2024 sebesar Rp425 miliar. 

Kepala Dinas PUBM-TR Sumsel, M Affandi mengatakan anggaran tersebut akan digunakan untuk pengerjaan paket jalan dengan jumlah sebanyak 83 paket. “Itu (paket) meliputi pengerjaan pembangunan, rekonstruksi, rehabilitasi, dan pelebaran jalan,” katanya, Rabu (17/1/2024). 

Dia menjelaskan, untuk pengerjaan pelebaran jalan yang dimaksud yakni jalan yang statusnya baru menjadi tanggung jawab provinsi. Sehingga ada beberapa jalan yang sebelumnya milik pemerintah kabupaten/kota perlu dilakukan pelebaran luas sesuai dengan standar jalan provinsi. 

Adapun untuk standar jalan provinsi yakni selebar tujuh meter, sedangkan nasional memiliki standar sembilan meter. “Jadi untuk jalan milik provinsi yang berada di kabupaten dan kota dan lebarnya di bawah standar diutamakan pengerjaan pelebaran jalan agar memenuhi standar,” bebernya. 

Kendati begitu, pihaknya menegaskan jika ada banyak jalan yang berlubang maka proses paket yang lebih diprioritaskan yakni perbaikan kerusakan tersebut. “Jadi pengerjaan jalan ini menyesuaikan kebutuhan, mana yang lebih perlu didahulukan,” tegasnya. 

Sementara itu, proses pelelangan paket jalan di tahun ini ditargetkan akan selesai pada bulan Maret mendatang. Sehingga pengerjaan diharapkan dapat dilakukan lebih cepat. 

Adapun untuk jembatan, total pengerjaan yang akan dilakukan tahun 2024 sebanyak 9 paket dengan nilai sebesar Rp74 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper