Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Sumbar Diprediksi Bakal Membaik pada 2024

BI Sumatra Barat memperkirakan ekspor di Ranah Minang bakal lebih baik di tahun 2024 ini.
Kota Padang./Setkab.go.id
Kota Padang./Setkab.go.id
Bisnis.com, PADANG — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Barat memperkirakan ekspor di Ranah Minang bakal lebih baik di tahun 2024 ini.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar Endang Kurnia Saputra mengatakan melihat dari historisnya, mayoritas ekspor Sumbar didominasi oleh produk industri pengolahan terutama produk turunan sawit, seperti CPO, refined palm oil dan lain-lain sebesar 95,32% dari total ekspor.
"Ekspor Sumbar juga didominasi oleh komoditas di sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan dengan pangsa sebesar 3,66%," katanya, Selasa (16/1/2024).
Dengan potensi itu, pria yang akrab Adang menyampaikan inovasi perlu diperkuat oleh Sumbar guna meningkatkan produktivitas sektor industri pengolahan.
Inovasi dimaksud yakni penciptaan ekosistem dan regulasi yang efisien. Penguatan hilirisasi komoditas alternatif lainnya. Serta peningkatan produktivitas pertanian melalui revitalisasi/peremajaan.
Di sisi lain, Sumbar juga memiliki potensi ekspor yang sangat besar terutama pada produk-produk yang menjadi kekhasan dan kearifan lokal Sumbar, seperti produk makanan rendang. Selain itu, produk kerajinan dan wastra juga dapat menjadi peluang dan sasaran ekspor Sumbar ke depan.
Menurutnya bila melihat di tengah berbagai risiko ketidakpastian global, kinerja ekspor Sumbar diperkirakan mengalami perbaikan didukung oleh permintaan komoditas CPO global yang masih terjaga.
Selain itu, potensi ekspor sektor perikanan juga diprakirakan meningkat sejalan dengan dukungan kebijakan pemerintah dalam mendukung kualitas produksi perikanan yang berujung pada peningkatan penerimaan pasar global.
Namun demikian, peluang akselerasi ekspor Sumatera Barat dihadapkan dengan berbagai tantangan ke depan di antaranya fluktuasi harga komoditas global, berlanjutnya kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) rasio 1:4, maupun penurunan produktivitas TBS dan tangkapan nelayan akibat faktor cuaca.
"Kinerja ekspor Sumbar yang didorong oleh komoditas pertanian, perkebunan dan perikanan diprakirakan meningkat seiring dengan masih berjalannya program replanting pada perkebunan sawit serta target produksi pertanian yang meningkat di tahun 2024," jelas Adang.
Selain itu, harga komoditas pertanian seperti kopi, teh, dan karet diprakirakan membaik pada tahun 2024 sejalan dengan permintaan global yang masih terjaga sehingga turut mendorong kinerja ekspor Sumbar.
Melihat hal tersebut, BI melihat perlu ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kinerja ekspor di Sumbar, yaitu mendorong diversifikasi produk/komoditas ekspor Sumbar. Mengoptimalkan era digitalisasi 4.0 dalam meningkatkan pasar ekspor UMKM.
Serta didorong untuk memperluas market pasar dan negara tujuan ekspor melalui perluasan kerja sama dan promosi perdagangan. Meningkatkan investasi pada sektor industri pengolahan serta pertanian dan perkebunan di Sumbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper