Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir Bandang di Aceh Merusak 106 Unit Rumah

Total rumah yang terdampak sebanyak 106 unit, yang rusak berat 16 unit, rusak ringan 90 unit, jadi cukup parah.
Dokumentasi. Banjir menggenangi permukiman penduduk di bagian wilayah Kabupaten Aceh Tenggara pada Selasa (14/11/2023)./Antara-BPBD Aceh Tenggara.
Dokumentasi. Banjir menggenangi permukiman penduduk di bagian wilayah Kabupaten Aceh Tenggara pada Selasa (14/11/2023)./Antara-BPBD Aceh Tenggara.

Bisnis.com, BANDA ACEH - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Aceh Tenggara, Provinsi Aceh menyebut sebanyak 106 unit rumah warga rusak akibat banjir bandang yang melanda kabupaten setempat, mulai dari rusak ringan hingga rusak berat.

“Total rumah yang terdampak sebanyak 106 unit, yang rusak berat 16 unit, rusak ringan 90 unit, jadi cukup parah,” kata Kepala Diskominfo Aceh Tenggara Zul Fahmy saat dihubungi dari Banda Aceh, Rabu (15/11/2023).

Untuk diketahui, semua informasi terkait dampak banjir Aceh Tenggara dalam beberapa hari ini dikeluarkan melalui Diskominfo secara satu pintu, setelah mendapatkan data dari setiap Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Aceh Tenggara.

Ia menjelaskan banjir bandang di Aceh Tenggara terjadi pada Senin (13/11) sekitar pukul 20.00 WIB yang dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi, sehingga mengakibatkan banyak kerusakan infrastruktur, baik milik pemerintah, masyarakat maupun swasta.

Data terbaru, kata Zul Fahmy, banjir bandang sekaligus banjir luapan sejumlah sungai di daerah itu berdampak di 63 desa yang tersebar di 15 kecamatan di Aceh Tenggara. Warga yang terdampak sebanyak 4.804 jiwa atau 1.200 kepala keluarga (KK).

“Yang paling parah itu banjir bandang di tiga desa di Kecamatan Sumadam, yakni Desa Pasar Puntung, Desa Titi Pasir dan Desa Kampung Baru,” katanya.

Menurut dia, terdapat lima kepala keluarga yang rumahnya rusak parah diterjang banjir bandang di Sumadam. Mereka mengungsi di rumah kerabat masing-masing yang tak jauh dari lokasi kejadian.

“Yang terdampak langsung hanya lima KK, yang rumahnya terseret banjir bandang. Jadi, mereka tidak bersedia tinggal di tenda pengungsian, karena memang rumah saudara mereka berada di sekitar itu, tidak jauh, bisa berjalan kaki,” ujarnya.

Kondisi saat ini, lanjut Zul Fahmy, kondisi cuaca di Aceh Tenggara masih mendung. Banjir yang menggenangi pemukiman penduduk di Aceh Tenggara sudah berangsur surut.

Pemkab Aceh Tenggara bersama lintas sektor juga terus melakukan pembersihan rumah warga, masjid, mushala, sekolah, dan fasilitas umum lainnya dari tumpukan material lumpur dan kayu yang terbawa arus banjir bandang.

“Pemkab menurunkan dua alat berat untuk terus membersihkan bebatuan, material kayu yang dibawa banjir dari pegunungan, termasuk yang sudah menutupi badan jalan nasional Aceh Tenggara - Medan,” ujarnya.

Pemkab terus memberi berbagai bantuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak. “Kami sampaikan bahwa kerugian material baik saranan pemerintah, masyarakat, dan swasta dalam peristiwa ini ditaksir mencapai Rp20,3 miliar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper