Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Rest Area di Tol Pekanbaru-Bangkinang Masuk Tahap Akhir

Pembangunan rest area ini telah memasuki tahap finishing untuk menyelesaikan berbagai detail dan pemasangan marka jalan.
Rest area yang dibangun oleh HKI berada di STA 36+000 sisi A dan sisi B.
Rest area yang dibangun oleh HKI berada di STA 36+000 sisi A dan sisi B.

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) sepanjang 9 kilometer dari total 40 kilometer ruas tersebut, saat ini memasuki tahap akhir.

Selain membangun fisik jalan tol, HKI juga menyelesaikan rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di jalan tol tersebut.

Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti mengatakan jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang memiliki panjang 31 kilometer telah dioperasikan sejak 2022 dan menjadi penghubung penting antara Kota Pekanbaru dan Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau.

"Rest area yang dibangun oleh HKI berada di STA 36+000 sisi A dan sisi B. Pembangunan rest area ini telah memasuki tahap finishing untuk menyelesaikan berbagai detail dan pemasangan marka jalan," ujarnya, Senin (2/10/2023).

Dia menjelaskan rest area ini memiliki desain yang mengadopsi nuansa Adat Riau dengan atap lipat pandan dan ornamen atap selembayung, mencerminkan budaya daerah Riau kepada pengguna jalan tol.

Dengan kapasitas menampung sekitar 115 kendaraan, termasuk 77 kendaraan kecil dan 38 kendaraan besar, rest area ini menyediakan fasilitas seperti toilet umum, masjid, pujasera, stand UMKM, minimarket, tempat parkir kendaraan, dan area untuk pembangunan SPBU di masa depan. Lingkungan hijau dan wilayah khusus tenant UMKM juga dipertimbangkan dalam desainnya.

Selain sebagai tempat istirahat bagi pengguna jalan tol, rest area ini diharapkan akan menjadi pusat sosialisasi budaya masyarakat dan sentra ekonomi kreatif. Rest area Pekanbaru-Bangkinang juga menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

"Proyek ini menghadapi tantangan khusus terutama selama libur Lebaran, di mana jumlah pengguna jalan meningkat tajam. Tim proyek harus memastikan rest area ini dapat difungsionalkan selama libur Lebaran untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna jalan tol," ungkapnya.

Dengan semakin lengkapnya fasilitas jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, diharapkan akan meningkatkan investasi di sektor perikanan, perkebunan, dan pertambangan di Riau. 

Selain itu, wisata daerah setempat, seperti Kawasan Pariwisata Candi Muara Takus dan Objek Wisata Sungai Hijau Kampar, diharapkan akan mendapatkan peningkatan kunjungan ketika keseluruhan fasilitas, termasuk rest area, sudah dapat digunakan secara optimal.

Adapun selain proyek Pekanbaru-Bangkinang, HKI juga sedang mengerjakan berbagai proyek jalan tol dan infrastruktur lainnya di berbagai wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper