Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabut Asap, Disdik Sumsel Keluarkan Surat Edaran Pakai Masker

Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Sekolah Menengah Atas untuk kembali menggunakan masker.
Masker N95
Masker N95

Bisnis.com, PALEMBANG -- Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk kembali menggunakan masker dalam aktivitas belajar mengajar. 

Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Sumsel, Joko Edi Purwanto mengakui hal itu dilakukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan anak-anak dari kabut asap akibat karhutla. 

"Surat edaran ini diberikan kepada SMA Negeri dan Swasta agar kepala sekolah dan guru-gurunya meminta peserta didiknya untuk menggunakan masker," ungkap Joko, Sabtu (9/9/2023).

Dia menuturkan bahwa pihak sekolah turut diminta untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan mengenai upaya yang patut dilakukan untuk mengetahui dampak berbahaya asap yang terjadi. 

Menurutnya, jika asap dirasa sudah berbahaya pihak sekolah dapat mengambil kebijakan dalam menurunkan jam belajar mengajar. Adapun langkah dari Dinas Pendidikan menyikapi kemungkinan kabut asap semakin tebal beberapa waktu ke depan maka yaitu kembali melakukan pembelajaran secara daring. 

"Jika lebih pekat atau tebal kabut asapnya maka harus belajar secara daring di rumah," jelas dia.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan jika pengukuran kualitas udara harus sesuai dengan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU). 

Dia mengaku akan berkoordinasi dengan berbagai stakeholder dan mengkaji terkait upaya penanganan kabut asap yang disebabkan oleh Karhutla. 

"Jadi harapan saya, jangan lagi ada yang membuka lahan dengan membakar. Pun yang tidak sengaja tolong berhati-hati," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper