Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telah ULF, Jembatan Sei Wampu Siap Sambungkan Tol Binjai-Pangkalan Brandan

PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) telah merampungkan konstruksi Jembatan Sei Wampu di Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan ruas Binjai-Langsa.
Uji Laik Fungsi (ULF) Jembatan Sei Wampu pada Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan, 18-20 Agustus 2023.
Uji Laik Fungsi (ULF) Jembatan Sei Wampu pada Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan, 18-20 Agustus 2023.

Bisnis.com, LANGKAT – PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) telah merampungkan konstruksi Jembatan Sei Wampu di Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan ruas Binjai-Langsa.

Pada 18-20 Agustus lalu, Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Pembangunan Jembatan Balai Jembatan juga telah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) jembatan ini.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya (HK), induk usaha HKI, Tjahjo Purnomo mengatakan serangkaian kegiatan ULF Jembatan Sei Wampu berjalan cukup Lancar. Uji beban jembatan yang dilakukan meliputi uji beban dinamis dan uji beban statis.

“Uji dinamis dilakukan dengan dua metode yakni metode impuls (menggunakan lebih kurang 20 truk dan alat uji exciter) serta ambient, dan dilakukan dua kali yakni uji dinamis awal dan uji dinamis akhir. Sementara, uji dinamis awal dilakukan sebelum uji beban statis sedangkan dinamis akhir dilakukan setelah uji beban statis,” ujar Tjahjo, Jumat (1/9/2023).

Sementara uji beban statis dilakukan dengan tiga skema, yang terdiri dari penilaian lendutan maksimum dengan bentang utama, penilaian regangan maksimum pada momen lentur negatif, dan penilaian rotasi yang dihasilkan dari pembebanan asimetris.

Direktur Operasi III HKI Selo Tjahjono menyebutkan penyelenggaraan ULF bertujuan untuk menguji hasil konstruksi HKI terhadap spesifikasi dan persyaratan desain yang sebelumnya telah mendapat persetujuan dan sertifikasi dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

ULF merupakan langkah signifikan untuk memastikan keamanan akses transportasi sebelum dapat digunakan masyarakat. Uji kelayakan jembatan yang menggunakan rangka baja berwarna merah inipun diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mendukung konektivitas Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan yang aman dan nyaman.

“Jembatan Sei Wampu ini merupakan gambaran kapasitas HKI yang dapat membangun jembatan bentang panjang terpanjang di JTTS. Harapannya, Jembatan Sei Wampu serta Jalan Tol Ruas Binjai Langsa – Seksi Binjai – Pangkalan Brandan dapat menjadi akses mobilitas yang aman dan menjadi akselerator perekonomian di Sumatra Utara,” ujar Selo.

Jembatan Sei Wampu merupakan jembatan rangka baja menerus terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dibangun HKI. Terletak di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, jembatan yang masuk ke dalam tipe continuous truss bridge ini memiliki total bentang 231 meter, dengan main span sepanjang 130 meter tanpa pilar di tengahnya.

Saat ini, HKI pun tengah menanti hasil ULF Jembatan Sei Wampu dari Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Pembangunan Jembatan Balai Jembatan.

Per akhir Agustus 2023, progres pembangunan Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan telah mencapai 79,628 persen. Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan memiliki main road sepanjang 57km, dengan kecepatan rencana 100km/jam.  

Jika jalan tol ini tersambung sepenuhnya, waktu perjalanan dari Binjai-Pangkalan Brandan akan terpangkas menjadi 48 menit dari yang semula 90 menit.

Hingga saat ini, HK telah membangun Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) sepanjang +1.021,5km, termasuk jalan tol dukungan konstruksi. Ruas yang telah beroperasi secara penuh diantaranya Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (141km), Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189km), Tol Palembang – Indralaya (22km), Tol Medan – Binjai (17km), Tol Pekanbaru – dumai (132km), Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2-6 (50km) serta Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (12km), Tol Bengkulu – Taba Penanjung (18km) dan Tol Pekanbaru – Bangkinang (31km), Tol Indralaya – Prabumulih (64 km).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper