Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Kualitas Udara, Pertamina Sumbagsel Dorong Penggunaan BBM Pertamax Turbo

Pertamina Sumbagsel mendorong pemakaian BBM seperti Pertamax Turbo RON 98 untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan udara yang bersih.
Pertamax Green 95, bbm campuran bioetanol 5 persen, mulai dijual di sejumlah SPBU di Jakarta dan Surabaya/Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi
Pertamax Green 95, bbm campuran bioetanol 5 persen, mulai dijual di sejumlah SPBU di Jakarta dan Surabaya/Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis.com, PALEMBANG – Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) mendorong masyarakat untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) lebih berkualitas seperti Pertamax Turbo RON 98 sebagai upaya meningkatkan kualitas lingkungan dengan udara yang bersih dan sehat.

BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (research octane number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih mengatakan BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM, karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna.

"Kami mencatat adanya peningkatan konsumsi untuk Pertamax Turbo, khususnya di wilayah Sumatera Selatan. Peningkatan Pertamax Turbo berkisar 14 persen dari rata-rata konsumsi bulan Januari hingga Juli 2023 dan atas hal ini kami mengucapkan terimakasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Sumatera Selatan," katanya.

Untuk mendukung kualitas udara bersih, Pertamina juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Palembang melakukan kegiatan uji emisi gratis bagi pelanggan SPBU.

Uji emisi ini untuk mengukur emisi gas buang dari kendaraan bermotor (mesin bensin maupun diesel) dengan menggunakan alat khusus yang disebut Gas Analyzer.

"Uji emisi ini dilakukan sebagai bentuk nyata dari komitmen Pertamina dalam membantu terwujudnya kualitas udara yang bersih, sehingga kami mendukung penuh kegiatan ini untuk menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan," kata Indera Permana Aditya, Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan DLHP Provinsi Sumatera Selatan.

Selain itu, sebagai upaya dalam mendorong penggunaan BBM berkualitas, Pertamina meresmikan komunitas otomotif MyPertamina Motorclub di Palembang pada Sabtu (19/8/2023).

"Bersama dengan aktivasi MyPertamina Motorclub, kami mengapresiasi secara penuh kepada IMI (Ikatan Motor Indonesia), yang sudah memperkenalkan dan membantu mempromosikan penggunaan BBM Berkualitas seperti Pertamax Turbo kepada komunitas motor. Dan Program MyPertamina Tebar Hadiah (MTH) merupakan salah satu langkah inovatif Pertamina Patra Niaga untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan setia pengguna produk Pertamina melalui aplikasi MyPertamina," ujar Zibali.

"Dalam kegiatan tersebut, kami juga turut berbagi kepada anak-anak dari panti asuhan sebagai bentuk usaha kami bersama-sama mengajak untuk berdoa bersama kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan harapan agar polusi udara di negeri kita dapat kembali bersih dan sehat," lanjutnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih peduli terhadap kualitas udara dan melakukan perawatan rutin kendaraannya serta menggunakan bahan bakar yang berkualitas seperti Pertamax Series (Pertamax, Pertamax Turbo).

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper