Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Booking Tiket untuk Pendakian ke TWA Gunung Marapi Sumbar

BKSDA Provinsi Sumatra Barat memberlakukan e-ticket bagi para pengunjung yang ingin melakukan pendakian ke taman wisata alam (TWA) Gunung Marapi.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PADANG - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatra Barat memberlakukan e-ticket bagi para pengunjung yang ingin melakukan pendakian ke taman wisata alam (TWA) Gunung Marapi.

Kepala Balai KSDA Provinsi Sumbar Ardi Andono mengatakan dengan diberlakukannya e-ticket untuk pendakian ke TWA Gunung Marapi itu maka kepada pengunjung yang ingin melakukan pendakian, maka harus mendaftar secara online untuk mendapat tiket.

"Sudah kita mulai hari ini, jadi kalau mau dapat tiket untuk melakukan pendakian ke TWA Gunung Marapi pesan dulu secara online melalui website BKSDA Sumbar booking.bksdasumbar.org," katanya, Rabu (26/7/2023).

Menurutnya dengan adanya e-ticket itu, selain mempermudah pendataan pengunjung atau para pendaki, sistem booking online sengaja diluncurkan bertujuan untuk akuntabilitas pengelolaan pendakian dan mempermudah pengunjung melakukan pendaftaran.

Dia juga menjelaskan cara mengakses sistem pendakian booking online TWA Gunung Marapi ini, hal pertama yang dilakukan yakni perlu mengunjungi halaman utama website bksdasumbar.org dan selanjutnya calon pendaki mengklik menu E-Layanan dan pilih Booking Gunung Marapi. 

"Setelah itu, muncul beberapa menu seperti Home, Booking, Login dan Register Now. Apabila calon pendaki belum melakukan register, maka diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu dengan mengklik tombol Register Now yang ada di aplikasi," ujarnya. 

Setelah itu, isi data untuk pembuatan akun baru. Selesai diisi, lanjut dengan mengklik register dan selanjutnya calon pendaki diminta untuk menyelesaikan pendaftaran online dengan mengklik register.

Setelah register, calon pendaki kemudian Login dan isi data diri, serta apa-apa saja perlengkapan yang akan dibawa mendaki. Kemudian, lakukan konfirmasi dan lanjut ke halaman pembayaran.

Lalu dilakukan pembayaran, maka di aplikasi akan muncul tampilan e-ticket yang nantinya dikirim melalui email calon pendaki.

Dikatakannya e-ticket ini nantinya wajib dibawa oleh calon pendaki ke pos pendakian untuk diperlihatkan kepada petugas. Karena, e-ticket ini nantinya akan dipindai saat calon pendaki hendak naik ke gunung. Kemudian setelah turun dari gunung, para pendaki diminta untuk kembali memperlihatkan e-ticket kepada petugas untuk di scan kembali.

"Hadirnya inovasi kita ini, turut didukung PT Semen Padang," kata Ardi.

Dia menyebutkan adanya cara pembelian tiket untuk ke TWA Gunung Marapi, juga beriringan memberikan kabar yang gembira bahwa kini pendakian ke TWA Gunung Marapi telah dibuka kembali. Karena ke TWA Gunung Marapi sempat ditutup karena mengalami erupsi pada awal Januari 2023.

Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra mengatakan dukungan reaktivasi TWA Gunung Marapi dan sistem pendakian booking online ini bagian dari perjanjian kerja sama PT Semen Padang dengan BKSDA Sumbar tentang Penguatan Fungsi Kawasan Suaka Margasatwa Terusan Arau Hilir.

Ada tiga ruang lingkup dari perjanjian kerja sama dengan BKSDA Sumbar ini. Pertama, adalah dukungan kerja sama perlindungan kawasan. Kedua, dukungan kerja sama pengawetan flora dan fauna. Kemudian ruang lingkung yang ketiga, adalah dukungan kerja sama penguatan kelembagaan. 

Menurutnya salah satu dari poin penguatan kelembagaan ini adalah dukungan penambahan fitur dan peningkatan kapasitas website. "Nah, dalam hal ini kami membantu BKSDA dalam penyediaan website sistem pendakian booking online," kata Indrieffouny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper