Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pariwisata Sumsel Masih Belum Optimal, Ini Penyebabnya

Perkembangan jumlah penumpang di tiga jalur baik darat, laut dan udara di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) periode Maret 2023 menunjukkan tren positif. 
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG – Perkembangan jumlah penumpang di tiga jalur baik darat, laut dan udara di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) periode Maret 2023 menunjukkan tren positif. 

Berdasarkan hasil catatan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, jumlah penumpang pada moda transportasi angkutan udara pada Maret 2023 tercatat sebanyak 108.589 orang atau mengalami kenaikan dibanding bulan Februari 2023 sebesar 6.18 persen. 

Sementara secara kumulatif yaitu dari bulan Januari hingga Maret 2023, jumlah penumpang dari angkutan udara tercatat sebanyak 635.949 orang. 

Kenaikan itu juga diikuti oleh dua moda transportasi lainnya yaitu angkutan laut dan juga transportasi darat pada kereta api. 

Kepala BPS Sumsel Moh Wahyu Yulianto menjelaskan untuk jumlah penumpang yang datang ke Sumsel menggunakan moda transportasi angkutan laut pada Maret 2023 sebanyak 1.071 orang atau naik sebesar 6.57 persen.

“Bulan Februari 2023 itu tercatat sebanyak 1.005 kunjungan, sehingga jika ditotalkan dari Januari hingga Maret ada sebanyak 4.028 penumpang dari angkutan laut,” ujar Wahyu, Selasa (2/5/2023).

Sementara untuk penumpang kereta api tercatat sebanyak 70.483 atau meningkat 10.18 persen dari bulan Februari 2023. 

Wahyu menambahkan, meski ada capaian positif namun sangat disayangkan kinerja pariwisata di Sumsel belum begitu optimal. 

Hal itu, kata, Wahyu, lantaran sedikitnya jumlah wisatawan mancanegara yang datang, lantaran pintu masuk penerbangan internasional di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang masih belum dibuka. 

“Dari Januari hingga Maret 2023 total hanya ada dua pengunjung dari penerbangan internasional,” jelasnya. (K64)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper