Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Objek Wisata Dadakan, Penumpang LRT Sumsel Meningkat Dua Kali Lipat Selama Lebaran

BPKARSS mencatat jumlah penumpang light rail transit (LRT) selama libur lebaran mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
LRT Sumsel. /bumn.go.id
LRT Sumsel. /bumn.go.id

Bisnis.com, PALEMBANG -- Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatra Selatan (BPKARSS) mencatat jumlah penumpang light rail transit (LRT) selama libur lebaran mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Pada H-6 Lebaran tahun 2023 ini, jumlah penumpang LRT mencapai angka 12.741 penumpang. Kemudian pada H+1 lebaran, tepatnya pada tanggal 23 April 2023, lonjakan penumpang juga kembali terjadi dengan jumlah mencapai 19.483 penumpang.

Jika dikalkulasikan, jumlah penumpang LRT mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 15.940 penumpang.

Kepala BPKARSS Rode Paulus menjelaskan sebagai moda transportasi massal, keberadaan LRT pada momen lebaran itu dimanfaatkan masyarakat sebagai salah satu destinasi wisata.

Hal itu tidak lepas dari harga tiket yang murah dan terjangkau. Tidak hanya itu, peningkatan juga dipengaruhi oleh jumlah pemudik yang berpergian menggunakan pesawat.

"Lonjakan jumlah penumpang beriringan dengan banyaknya pemudik yang bepergian menggunakan pesawat. Pemudik dari luar Kota Palembang menggunakan LRT Sumsel untuk bepergian dari bandara," kata Paulus, dikutip Kamis (27/4/2023).

Paulus memprediksi lonjakan jumlah penumpang akan terus terjadi hingga masa libur lebaran tahun ini berakhir.

Untuk itu, pihaknya juga telah mengantisipasi lonjakan, dengan penambahan jumlah perjalanan menjadi 102 perjalanan.

"Kereta LRT Sumsel yang beroperasi ditambah menjadi 7 trainset dari sebelumnya 6 trainset," sambungnya.

Dengan penambahan itu, kata Paulus, diharapkan mampu mengurangi waktu tunggu dan tidak mengurangi rasa nyaman penumpang LRT. (K64)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper