Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang di Bandara Hang Nadim pada 2022 Naik 39,37 Persen

Setelah pandemi Covid-19 berlalu, arus penumpang angkutan udara di Bandara Hang Nadim terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
Bandara Hang Nadim Batam
Bandara Hang Nadim Batam

Bisnis.com, BATAM - Setelah pandemi Covid-19 berlalu, arus penumpang angkutan udara di Bandara Hang Nadim terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sepanjang 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada 3,46 juta orang yang berangkat melalui bandara di Batam tersebut.

"Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 2,07 juta orang," kata Kepala BPS Batam Agus Kadaryanto, Rabu (26/4/2023).

Secara persentase, kenaikannya sebesar 66,88 persen, dimana penumpang datang sebanyak 1,76 juta orang dan penumpang berangkat sebanyak 1,66 juta orang.

Berdasarkan data penumpang untuk Februari 2023, jumlah orang yang datang ke Batam sebanyak 138.611 orang.

Jumlah ini mengalami kenaikan 39,37 persen jika dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun 2022 lalu, dengan total penumpang sebanyak 99.457 orang.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi menyambut positif hal tersebut. "Ini sinyal positif. Total penumpang cukup tinggi dan menunjukkan adanya pemulihan pasca pandemi Covid-19," katanya.

Untuk meningkatkan jumlah kunjungan di Bandara Hang Nadim, pengelolanya berupaya meningkatkan kenyamanan penumpang dengan mempermudah mendapatkan akses taksi baik online maupun konvensional, dengan penerapan pola kerja sama baru.

Pendekatan perubahan layanan tersebut menekankan pada pemanfaatan ekosistem bisnis sesuai dengan potensi perekonomian Batam sebagai kawasan perdagangan bebas dan pariwisata, yang memiliki profil penumpang pengguna jasa mayoritas adalah masyarakat industri dan bisnis. (K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper