Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran, Bandara Pekanbaru Layani 95.246 Penumpang

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menjadi bandara tersibuk pada posisi 4 se-Indonesia pada periode Lebaran 2023.
Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru./Istimewa
Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru./Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menjadi bandara tersibuk pada posisi keempat se-Indonesia. Sebab, sejak 12 - 22 April 2023, bandara tersebut melayani sebanyak 95.246 orang penumpang dari berbagai maskapai.

Sementara itu, untuk posisi tersibuk pertama, yakni Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. Kedua, Bandara Kualanamu Deli Serdang dan ketiga, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. 

Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru M Hendra Irawan menyebutkan, jumlah penumpang di Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru tersebut mengalami kenaikan sebanyak 12 persen dibandingkan periode angkutan Lebaran 2022.

"Jika dibandingkan dengan jumlah penumpang pada periode yang sama di 2019 atau periode angkutan Lebaran terakhir sebelum pandemi mengalami penurunan sebesar 5 persen," ujarnya, Senin (24/4/2023).

Dia menjelaskan, untuk pergerakan pesawat yang telah dilayani dari periode 12 - 22 April 2023 sebanyak 803 pergerakan atau tumbuh 31 persen dibandingkan jumlah pergerakan pesawat pada periode yang sama pada 2022. 

Menurutnya, puncak arus mudik penumpang dan pesawat selama periode angkutan Lebaran 2023 sementara terjadi pada H-3 atau pada tanggal 19 April 2023 sebanyak 11.721 orang untuk penumpang dan 92 pergerakan untuk pesawat.

Apalagi, Bandara SSK II Pekanbaru berbatasan langsung dengan sejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura dan lainnya.

Selanjutnya, untuk pergerakan pada Hari Raya Idulfitri 1444 H atau 22 April 2023, jumlah pergerakan pesawat dan penumpang cenderung melandai.

"Untuk jumlah pergerakan pesawat tercatat sebanyak 73 pergerakan yang terbagi atas 63 penerbangan domestik dan 10 penerbangan internasional, jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar 10 persen dibandingkan H-1," ungkapnya.

Dia menambahkan untuk jumlah penumpang yang dilayani pada hari raya pertama tersebut adalah sebanyak 7.035 orang atau menurun sebesar 25 persen dibandingkan dari hari sebelumnya (H-1).

"Pada periode angkutan Lebaran tahun ini terdapat dua extra flight Lion Air dari dan tujuan Batam. Secara umum kondisi penumpang aman, lancar dan terkendali," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper