Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Daging Sapi Naik Jelang Lebaran, Medan akan Impor Daging dari India dan Australia

Harga daging sapi terpantau relatif tinggi dalam tiga pekan terakhir di Kota Medan, terlebih mendekati lebaran.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, MEDAN - Harga daging sapi terpantau relatif tinggi dalam tiga pekan terakhir di Kota Medan, terlebih mendekati lebaran. Per hari ini, harganya dipatok Rp140.000-Rp150.000 per kg.

Kepala Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah (Kanwil) Medan 1 Ridho Pamungkas mengatakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan melakukan importisasi daging kerbau.

"Dari informasi yang diperoleh, Perum Bulog akan mendistribusikan daging kerbau impor ke pasar dan ritel-ritel modern," ujar Ridho dalam keterangan tertulis, Selasa (18/4/2023).

Berdasarkan hasil monitoring pasar yang dilakukan oleh KPPU Kanwil I bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Pemko Medan serta Dinas Perhubungan Pemko Medan, di sejumlah pasar tradisional diketahui harga bahan pokok penting juga relatif stabil. 

"Di pasar sentosa baru, harga daging ayam yang sempat anjlok mulai beranjak naik di harga Rp28.000 per kg. Sementara harga cabai merah di pasar Sentosa juga beranjak naik menjadi Rp24.000 per kg," sambungnya.

Kenaikan ini menurut Ridho, menunjukkan adanya kenaikan permintaan dari masyarakat karena membaiknya daya beli masyarakat jelang lebaran ini. 

Di sisi lain, KPPU Kanwil I juga akan mengkaji lebih dalam terkait anjloknya harga daging ayam di awal bulan Ramadan ini. 

Selain itu, meski harga bahan pokok cenderung stabil, KPPU Kanwil I tetap akan mewaspadai pergerakan harga dan pasokan bapokting jelang dan setelah Idulfitri nanti. 

Ridho pun kemudian mengingatkan kepada distributor dan produsen untuk tidak memanfaatkan gejolak harga dengan perilaku anti persaingan demi mendapatkan keuntungan berlebihan.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Bulog Sumatra Utara (Sumut) Arif Mandu mengatakan hingga kini Bulog di daerah masih menunggu alokasi impor yang telah diajukan ke kantor pusat.

"Kami sudah ajukan ke pusat, masih menunggu alokasinya dari kantor pusat," tutur Arif saat dihubungi Bisnis.

Ia juga menjelaskan perihal harga, nantinya harga daging kerbau impor diperkirakan berkisar di harga Rp80.000 per kg. Namun, untuk lebih memastikan harga jualnya ke masyarakat, Arif menyebut ia masih harus menunggu keputusan Bulog Pusat.

Diketahui komoditas daging kerbau tersebut merupakan hasil impor dari India, dan daging sapi berasal dari Australia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ade Nurhaliza
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper