Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran 2023, Sebanyak 2 Juta Pemudik Bakal Berlibur di Padang

Padang memang sebagai kota tujuan wisata dan Ibu Kota Provinsi Sumbar.
Lanskap Kota Padang./Setkab.go.id
Lanskap Kota Padang./Setkab.go.id
Bisnis.com, PADANG — Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat, memperkirakan 2 juta pemudik bakal berlibur Lebaran di Padang pada momen cuti Idulfitri 2023.
Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan jumlah pemudik atau perantau pada tahun 2023 ini mengalami peningkatan yang cukup besar. Tahun 2022 kemarin tercatat pemudik yang datang ke Padang di angka 1,2 juta dan tahun ini diperkirakan sebanyak 2 juta pemudik.
"Padang memang sebagai kota tujuan wisata dan Ibu kota Provinsi Sumbar. Jadi kita di Kota Padang harus siap menampung dan menyambut baik kehadiran perantau plus wisatawan itu," katanya, Senin (17/4/2023).
Dia menyampaikan untuk memeriahkan momen libur Lebaran nanti, Pemkot Padang bekerjasama dengan berbagai pihak akan menggelar Festival Muaro Padang yang bertujuan untuk menggairahkan ekonomi dan meningkatkan kunjungan wisatawan.
Festival tersebut akan berlangsung selama 24-27 April dan akan menyajikan sejumlah kegiatan menarik. Mulai dari Festival Selaju Sampan, Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo, Padang Fashion Carnaval, Festival Marandang serta Festival Jemur Bonsai, Perahu Hias dan Pekan Ekonomi Kreatif.
"Berbagai event yang dipusatkan di sekitaran Muara Padang ini dilakukan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat sekaligus mempersembahkan hiburan bagi perantau yang pulang kampung," jelasnya.
Untuk itu, Hendri Septa meminta semua OPD penanggungjawab masing-masing acara agar terus memfokuskan persiapan, termasuk petugas terkait yang standby berjaga di Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) di titik-titik strategis di Kota Padang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper