Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Solusi Pemkot untuk Pasar Cik Puan Pekanbaru yang Terbakar

Muflihun pastikan pihaknya akan sediakan tempat sementara, yaitu bangunan lama di tempat yang sama agar aktivitas pedagang pasar tersebut terus berjalan.
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun (kanan)
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun (kanan)

Bisnis.com, PEKANBARU - Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun menyatakan pihaknya akan menyiapkan kios sementara untuk pedagang-pedagang Pasar Cik Puan di Jalan Tuanku Tambusai yang mengalami kebakaran pada Minggu (19/2/2023). Terhitung dari total 500 kios, 400 kios terbakar.

Atas terjadinya musibah ini, Muflihun pastikan pihaknya akan sediakan tempat sementara, yaitu bangunan lama di tempat yang sama agar aktivitas pedagang pasar tersebut terus berjalan.

“Kita kasihan pada penjualan karena mereka harus jualan juga. Pemerintah akan bertanggung jawab, kami akan alokasikan tempat sementara di bangunan lama yang telah diserahkan pemerintah provinsi kepada kita. Lebih lanjut akan dibahas, apa yang akan dibangun dengan pola apa, apakah kios, dan sebagainya,” ujar Muflihun, Rabu (22/2/2023).

Dia menambahkan, pihaknya telah menjajaki solusi ke kementerian perdagangan, namun biaya untuk membangun kembali pasar tersebut cukup besar, kurang lebih 79 Miliar. 

“Kalau bicara angka tersebut, kita larinya ke Kementerian PUPR. Tapi kalau untuk merehab pasar itu, kita ada juga bantuan kurang lebih 3 Miliar dari Kementerian Pusat untuk Pasar Palapa,” terangnya.

Lebih lanjut, lokasi bangunan lama tersebut besarnya hampir sama dengan luas jumlah 400 kios yang telah terbakar. Pihaknya akan terus menggesa perbaikan bangunan pasar tersebut, mengingat ramadhan sudah tidak lama lagi. 

Sementara itu, pedagang berharap, agar kegiatan pasar segera aktif kembali. Semetara tim kepolisian sedang melakukan penyelidikan forensik untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper