Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Rumah Sakit Awal Bros Group Siap Layani Masyarakat Batam

Pembangunan rumah sakit ini merupakan wujud nyata dalam bentuk institusi yang diharapkan bisa memberikan dampak positif di bidang layanan kesehatan.
Peresmian rumah sakit kedua dari RS Awal Bros Group di Kota Batam ini dihadiri langsung oleh Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi.
Peresmian rumah sakit kedua dari RS Awal Bros Group di Kota Batam ini dihadiri langsung oleh Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi.

Bisnis.com, BATAM - Rumah Sakit (RS) Awal Bros Botania, Batam resmi beroperasi mulai Minggu (22/1/2022). Peresmian rumah sakit kedua dari RS Awal Bros Group di Kota Batam ini dihadiri langsung oleh Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi.

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi, CEO RS Awal Bros Group Arfan Awaloeddin, pejabat utama Kota Batam, Konsulat Singapura dan tokoh masyarakat.

Dalam acara tersebut, hadir juga sejumlah stakeholder terkait dari unsur Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan BP Batam.

CEO RS Awal Bros Group Arfan Awaloeddin mengatakan pembangunan rumah sakit ini merupakan wujud nyata dalam bentuk institusi yang diharapkan bisa memberikan dampak positif di bidang layanan kesehatan, juga lapangan pekerjaan untuk tenaga medis dan kesehatan serta sektor sektor terkait.

Pihaknya juga sudah melakukan banyak kegiatan sosial yang telah dilakukan pihaknya sebelum melakukan peresmian dalam rangka Road To Grand Opening, seperti penyuluhan kesehatan atau edukasi kesehatan, pengobatan massal, dan bantuan kemanusiaan Corporate Social Responsibility (CSR).

"RS Awal Bros Botania Batam diharapkan bisa menjadi solusi untuk berbagai layanan kesehatan masyarakat, sehingga tidak lagi menjadikan rumah sakit di luar Batam sebagai rujukan, terutama di negara tetangga," kata Irfan.

Irfan melanjutkan, sesuai dengan visi misinya, RS Awal Bros Botania Batam berkomitmen memberikan pelayanan prima sesuai dengan core value RS Awal Bros Grup, dengan kecepatan dan ketepatan diagnosis sesuai standar operasional prosedur, dengan tetap memperhatikan biaya layanan yang terjangkau.

"Visi kami adalah mewujudkan Rumah Sakit Awal Bros Botania menjadi Rumah Sakit Terdepan dan Unggul dengan Layanan Berkualitas yang mengutamakan Patient Safety. Misi kami memberikan Pelayanan Kesehatan Secara Profesional dengan Penuh Kepedulian," lanjut Irfan.

Direktur RS Awal Bros Botania Retno Kusumo mengatakan ada hal istimewa dari RS Awal Bros Batam selain memiliki fasilitas yang mumpuni, yakni banyaknya dokter spesialis dan sub spesialis yang akan bergabung dengan RS Awal Bros Botania Batam. Artinya rumah sakit ini dapat memberikan pelayanan Kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

Adapun fasilitas kesehatan yang ada di Rumah Sakit Awal Bros Botania, Batam dilengkapi dengan 118 kapasitas tempat tidur, 6 ruangan ICU, 2 ruangan ICCU, 5 ruangan NICU, 8 ruangan Isolasi Tekanan Negative, 5 rungan Perina, 10 ruangan Perawatan Bayi, 3 ruangan VK, dan 5 ruangan OD.

"Untuk saat ini Poliklinik Rawat jalan sudah dapat memberikan pelayanan Kesehatan," turur Retno.

Retno melanjutkan, Rumah Sakit Awal Bros Botania Batam dilengkapi dengan Layanan 24 Jam meliputi Laboraturium, UGD, Farmasi, Radiologi, dan Ambulans. Dengan layanan dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Bedah, Anak, Penyakit Dalam, Gizi Klinik, THT, Mata, Urologi, Jantung, Kulit, Neorologi, Gigi, dan lain-lain.

Rumah Sakit Awal Bros Botania Batam juga dilengkapi dengan peralatan penunjang medis yang cukup canggih seperti: CT Scan 128 slices (untuk pemeriksaan CT Kepala, Cardiac, Calcium Score, dan BMD), Rontgen Thorax, USG Payudara, EEG, Spirometri, EKG, Endoskopi THT, Panoramic, USG Abdomen, dan USG Kehamilan 4D.

Layanan unggulan lainnya adalah Rehabilitasi Medik yang siap melayani Rehabilitasi Nyeri, Pasca Stroke, LBP (Low Back Pain), Cardiorespirasi, TECAR (Terapi mengatasi nyeri). Selain itu, juga hadir layanan Tumbuh Kembang anak dan Medical Check Up.

Pada prosesnya, dalam mengelola sistem pengolahan air limbah Rumah Sakit Awal Bros Botania, Batam sudah mengacu berdasarkan peraturan terbaru terkait lingkungan hidup dengan sistem recycle yang terdiri dari sistem recycle pada air limbah dimanfaatkan Kembali untuk air glontor di closed, hydrant, dan penyiraman taman secara keseluruhan untuk drainase kota sudah bersih dan aman untuk lingkungan.

Sistem drainase yang baik dan dipersiapkan di area rumah sakit dengan mengalirkan kelebihan air hujan secara alamiah dengan sistem pengolahan air yang bisa dimanfaatkan kembali untuk lingkungan.

Terletak di Jl.Raja Ali Kelana Blok A No.8 Batam, RS Awal Bros Botania, Batam berada di antara Kawasan Industri Kabil dan kawasan Industri tunas. Juga dekat dengan area perumahan bagi 1,2 juta penduduk Kota Batam berdasarkan data Diskominfo Batam tahun 2021.

Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam Muhammad Rudi menyambut baik hadirnya tambahan fasilitas kesehatan di Kota Batam. Pemko Batam, kata dia, mendukung penuh hadirnya RS Awal Bros Botania Batam karena sejalan dengan program pemko dan BP Batam.

Layanan terbaik di bidang kesehatan untuk masyarakat menjadi hal wajib yang pada prosesnya dilakukan tidak hanya pemerintah, namun juga pihak swasta yang menjalani usaha di sektor kesehatan.

"Batam ini penduduknya 1,2 juta jiwa. Tapi orang luar Batam yang datang ke Batam sangat banyak, dan layanan kesehatan terbaik untuk siapa saja yang ada di Batam harus tetap harus diberikan, itu kenapa kita butuh swasta seperti RS Awal Bros Botania Batam ini," kata Rudi.

Rudi melanjutkan, pembangunan infrastruktur, baik itu jalan, bandara dan pelabuhan, akan semakin lengkap dengan hadirnya infrastruktur kesehatan. Dengan demikian, pihaknya meyakini kenyamanan masyarakat Batam atau warga lain yang berkunjung ke Kota Batam akan semakin terasa.(K41)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper