Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kilang Pertamina Dumai Gandeng BPTP Riau Dorong Budi Daya Sorgum di Lahan Gambut

Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan kedelai.
Perwira Pertamina KPI Dumai mendampingi petani saat melakukan penanaman Sorgum di lahan gambut. /Istimewa
Perwira Pertamina KPI Dumai mendampingi petani saat melakukan penanaman Sorgum di lahan gambut. /Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU – PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai bekerja sama dengan Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Riau dalam pelaksanaan Program TJSL budi daya sorgum di lahan gambut.

Kerja sama yang terjalin dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam Penguatan Ketahanan Pangan Nasional di mana sorgum menjadi salah satu jenis sumber pangan yang akan dikembangkan.

Area Manager Communication, Relations & CSR KPI RU Dumai Nurhidayanto menyampaikan pihaknya melaksanakan program TJSL untuk uji coba budi daya sorgum di lahan gambut dengan memberdayakan kelompok tani yang sudah aktif melakukan aktivitas pertanian di lahan gambut. 

“Kami sudah ada kelompok petani binaan di lahan gambut. Tahun ini kami uji coba untuk pertanian sorgum. Jika hasilnya baik, akan kami kembangkan terus," ujarnya, Kamis (15/12/2022).

Sementara itu Kepala BPTP Riau Shannora Yuliasari menyampaikan pihaknya menyambut baik rencana PT KPI RU Dumai untuk melaksanakan program TJSL budi daya sorgum. 

"Melalui pemberdayaan masyarakat karena sorgum termasuk dalam rencana strategis nasional Penguatan Ketahanan Pangan. Kami berterimakasih kepada PT KPI karena telah menginisiasi budi daya sorgum di kota dumai, artinya PT KPI RU Dumai ikut membantu BPTP dan pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional," ujarnya.

Sorgum merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan kedelai. Selain mengandung nutrisi, batang sorgum juga mengandung gula dan bioetanol sehingga dapat dimanfaatkan pula sebagai pakan ternak dan sumber bioetanol.

Menurut informasi yang didapat dari perwakilan BPTP Provinsi Riau, saat ini BPTP masih melakukan penanaman di lahan nongambut. Dengan adanya inisiasi program budi daya sorgum di lahan gambut akan memperluas kemungkinan penanaman di wilayah Provinsi Riau karena memiliki lahan gambut yg luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper