Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bakal Diikuti Pelari Internasional, Minang Geopark Run Digelar Desember 2022

Pergelaran Minang Geopark Run di Ranah Lansek Manih pada 3-4 Desember 2022 mendatang
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SIJUNJUNG - Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat, menyatakan akan kembali menggelar Minang Geopark Run yang direncanakan dimulai pada Desember 2022 mendatang.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengatakan Minang Geopark Run 2022 ini telah dilaunching Kamis (6/10) kemarin. Hal ini diharapkan dapat mengundang banyak peserta baik nasional maupun internasional, sehingga turut mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan di Sijunjung.

"Sesuai rencana, pergelaran Minang Geopark Run di Ranah Lansek Manih pada 3-4 Desember 2022 mendatang," katanya, Jumat (7/10/2022.)

Dia menjelaskan Minang Geopark Run itu digelar salah satu tujuannya untuk mengajak masyarakat terutama para pelari untuk berolahraga, sambil menikmati keindahan alam serta budaya di kawasan Geopark Sumbar.

"Geopark di Sijunjung ini alamnya sangat asri, jadi sangat tepat untuk event olahraga lari," ujarnya.

Benny menyebutkan event Minang Geopark Run 2022 yang akan digelar di Sijunjung ini merupakan event yang ke-4.

“Kita sudah melaksanakan sejak tahun 2018, 2019 dan 2021 lalu.  Namun sempat terhenti pada tahun 2020 dikarenakan pandemi Covid-19," jelas bupati.

"Sekarang kami akan melakukan berbagai persiapan untuk menyambut agenda ini,” sambungnya.

Pada pergelaran event tersebut, Pemkab akan memperkenalkan UMKM yang ada di Sijunjung mulai dari star di depan kantor bupati sampai finish di Geopark Silokek tersebut.

Adapun rute Minang Geopark Run 2022 terdiri dari dua rute, yakni rute 13 kilometer khusus untuk kategori race single run dan 55 kilometer dengan tiga kategori race, ultra marathon, relay dua dan relay empat.

Untuk rute 13 kilometer, star Kantor Bupati Sijunjung, Jl. Logas dan finish di Silokek. Sedangkan rute 55 kilometer, star Kantor Bupati Sijunjung, Perkampungan Adat Sijunjung, Tanah Badantuang, Lansek Manih, Tanjung Ampalu lalu finish di Silokek.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi memberi dukungan penuh atas rencana Minang Geopark Run 2022 yang akan di gelar di Kabupaten Sijunjung.

“Pemprov siap mendukung pelaksanaan event Minang Geopark Run, sebab, ini akan menjadi pembuka wisatawan untuk ke Sumbar, karena banyak komunitas lari internasional yang memang mencari dan menanti even seperti ini,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper