Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OKI Siap Terapkan Masterplan Kota Cerdas

Kabupaten OKI merupakan satu dari 50 kabupaten dan kota di Indonesia yang terpilih untuk menerapkan program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 23 September 2022  |  20:03 WIB
OKI Siap Terapkan Masterplan Kota Cerdas
Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir merampungkan bimbingan teknis terkait penyusunan masterplan kota cerdas. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir siap menerapkan masterplan kota cerdas atau smart city seiring telah rampungnya bimbingan teknis untuk pemerintah tersebut.

Diketahui, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) merupakan satu dari 50 kabupaten dan kota di Indonesia yang terpilih untuk menerapkan program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten OKI Cholid Hamdan mengatakan pihaknya telah menyelesaikan bimbingan teknis (bimtek) tahap I--IV penyusunan masterplan smart city.

"Adanya masterplan Smart City dapat dijadikan sebagai acuan untuk melanjutkan pembangunan dan pelayanan publik yang berkualitas," katanya, Rabu (22/9/2022).

Cholid berharap masterplan ini mampu untuk membuat perencanaan dan pelaksananan pembangunan jadi lebih terorganisir dan bermanfaat untuk masyarakat di OKI.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika OKI Alexsander mengatakan penyusunan masterplan smart city tahap IV difokuskan pada pembahasan quick win program unggulan suatu rencana dan gagasan serta inovasi. Hal itu berdasarkan tatanan peluang serta potensi yang ada.

"Hasil dari pembahasan quick win ini kemudian dirumuskan dan diformulasikan menjadi program yang dapat dieksekusi dalam waktu yang lebih cepat satu sampai dua tahun," jelasnya.

Alex menyampaikan sumbang pikiran seluruh elemen yang terlibat nantinya dapat dituangkan dalam masterplan smart city dan menjadi acuan dalam pengembangan kota cerdas.

Sementara itu, salah seorang tim ahli penyusunan masterplan kota cerdas di OKI, Acuviarta, mengatakan masterplan yang disusun telah memenuhi enam dimensi, yakni smart governance, smart branding,smart economy, smart living, smart society, smart environment.
.
"Kota Cerdas bukan sekadar mengikuti tren, tetapi memang menjadi sebuah langkah strategis untuk perencanaan pembangunan yang mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang dilaksanakan secara terpadu dan terintegrasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ogan komering ilir smart city
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top