Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sumsel Dorong OKU Selatan dan Pagar Alam Jadi Destinasi Wisata Nasional

Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Kota Pagar Alam didorong menjadi destinasi wisata nasional seiring potensi alam di wilayah itu.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 14 September 2022  |  20:13 WIB
Sumsel Dorong OKU Selatan dan Pagar Alam Jadi Destinasi Wisata Nasional
Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat peresmian Beli Kreatif di Palembang, Rabu (14/9). - Bisnis/Dinda Wulandari
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan mendorong dua daerah di provinsi itu, yakni Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Kota Pagar Alam menjadi destinasi wisata nasional seiring potensi alam di wilayah itu.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumsel Herman Deru saat acara launching Beli Kreatif yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, di Palembang, Rabu (14/9/2022).

"Dua daerah itu layak menjadi destinasi wisata secara nasional, apalagi di Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan sudah ada event besar tahunan," kata dia.

Deru mengatakan selama tiga tahun terakhir, pemprov telah menggelar Ranau Gran Fondo yang merupakan agenda sepeda dengan melibatkan peserta dari berbagai negara.

Diketahui, Kabupaten OKU Selatan memiliki objek wisata alam berupa Danau Ranau. Sementara Kota Pagar Alam terkenal dengan objek wisata Gunung Dempo dan perkebunan teh.

Gubernur meyakini jika wisata di dua daerah itu dikelola dengan maka bisa saja sektor pariwisata turut berkontribusi menekan laju inflasi Sumsel.

Menteri Sandiaga pun merespon positif destinasi wisata di Sumsel. Salah satunya, Kota Pagar Alam. Bahkan, Sandiaga telah menyempatkan diri berkunjung ke Desa Wisata Tebat Lereh.

"Desa tersebut sudah masuk dalam 50 desa wisata terbaik di Indonesia," kata dia.

 Sandiaga Uno juga melirik UMKM di Pagar Alam, ia terkesan karena Kota Pagar Alam memiliki potensi UMKM yang mampu untuk mendorong ekonomi.

"Di kunjungan pertama saya, saya langsung melihat ada potensi generasi dan semangat yang dilontarkan UMKM kreatif di sini," ujar Sandiaga.

Dengan potensi ini, Sandiaga optimis pelaku usaha di Pagar Alam dapat memperluas peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel Ogan Komering Ulu
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top