Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Mestika (BBMD) Gelar UKMVaganza, Ajang Edukasi Bagi Pelaku UKM Sumut

PT Bank Mestika Dharma Tbk. (BBMD) menyelenggarakan edukasi keuangan kepada 45 pelaku UKM asal kabupaten/kota di Sumut.
Nanda Fahriza Batubara
Nanda Fahriza Batubara - Bisnis.com 29 Agustus 2022  |  10:53 WIB
Bank Mestika (BBMD) Gelar UKMVaganza, Ajang Edukasi Bagi Pelaku UKM Sumut
PT Bank Mestika Dharma Tbk. (BBMD) menyelenggarakan edukasi keuangan kepada 45 pelaku UKM asal kabupaten/kota di Sumut. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN - PT Bank Mestika Dharma Tbk. (BBMD) menyelenggarakan edukasi keuangan kepada 45 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) asal sembilan kabupaten/kota di Sumatra Utara (Sumut).

Kegiatan yang dinamai UKMVaganza ini berlangsung selama 5 hari di Kota Medan, Sumut yakni pada 22-26 Agustus 2022. Pelatihan dan pendampingan ini terselenggara berkat kerja sama Bank Mestika dan Estubizi Network.

Presiden Direktur Bank Mestika Achmad S. Kartasasmita mengatakan bahwa UKMVaganza merupakan bentuk kepedulian Perseroan terhadap keberlanjutan bisnis para pelaku UKM.

Para peserta diharap mampu mengimplementasikan materi yang diperoleh untuk mengembangkan usaha masing-masing.

"Kami ingin memberikan edukasi bisnis dan keuangan agar para UKM dapat naik kelas dan meningkatkan usahanya. Kepada para pelaku UKM yang telah terpilih mengikuti kegiatan UKMVaganza ini dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat agar dapat bertumbuh dan berkembang," kata Achmad melalui keterangan tertulis dikutip pada Minggu (28/8/2022).

Dari 45 pelaku UKM yang terpilih menjadi peserta UKMVaganza, sebagian di antaranya berasal dari delapan kabupaten kawasan Danau Toba, yaitu Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Toba. Sedangkan sebagian lagi berasal dari Kota Medan.

Berbagai materi tentang pengembangan bisnis atau usaha diberikan, antara lain tentang business model, anvas, validasi pasar, membuat kemasan, membangun brand, pemanfaatan media sosial, pemasaran digital, dasar-dasar keuangan dan penghitungan harga pokok penjualan (HPP), penjualan dan saluran distribusi, dasar-dasar ekspor, hingga membuat rencana bisnis.

Setelah penyampaian materi ini, para peserta akan memeroleh pendampingan selama sebulan penuh pada September 2022 secara daring.

Metode pendampingan dilakukan secara person to person agar para pelaku UKM dapat kesempatan untuk berdiskusi dengan pelatih secara lebih efektif. Pada tahap akhir nantinya, Bank Mestika akan kembali memberi layanan edukasi keuangan untuk memperbarui informasi keuangan para pelaku UKM.

Selain itu, terdapat kesempatan diskusi dan sesi tanya jawab terkait lembaga jasa keuangan, financial technology dan perkembangannya.

"Harapannya agar dengan adanya kegiatan edukasi keuangan ini dapat membantu para UKM untuk bijak menggunakan produk dan jasa keuangan serta dapat menghindari hal-hal yang akan merugikan di masa yang akan datang," kata Achmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mestika ukm Edukasi Duit
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top