Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prajurit Australia Gabung Bersama Belasan Negara Latihan Garuda Shield di Baturaja

Angkatan Pertahanan Australia untuk pertama kalinya mengikuti latihan super garuda shield yang digelar di Baturaja, Sumatra Selatan.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 03 Agustus 2022  |  20:32 WIB
Prajurit Australia Gabung Bersama Belasan Negara Latihan Garuda Shield di Baturaja
anglima Tentara Negara Indonesia (TNI) Jendral Andika Perkasa bersama Komandan Jenderal Angkatan Darat Pasifik Amerika Serikat, Jenderal Charles Flynn meninjau latihan gabungan Garuda Shield di Baturaja, OKU, Sumsel. - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG -- Angkatan Pertahanan Australia untuk pertama kalinya mengikuti latihan super garuda shield yang digelar di Baturaja, Sumatra Selatan.

Diketahui, garuda shield merupakan latihan militer bersama selama dua minggu yang secara historis diadakan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Komando Indo-Pasifik AS.

Letnan Jenderal Australia Simon Stuart mengatakan Australia akan fokus pada latihan sebagai sarana untuk terus meningkatkan respons militer dan membangun hubungan kerja sama dengan Indonesia.

 “Indonesia adalah prioritas hubungan luar negeri pertama saya sejak memulai tugas ini. Sangatlah penting untuk selalu meningkatkan kerja sama yang telah terjalin antara kedua Angkatan Darat kita,” katanya dalam keterangan pers, Rabu (3/8/2022) 

Menurut dia, sebanyak 90 tentara Australia akan berpartisipasi dalam latihan tersebut, berfokus pada interoperabilitas persenjataan gabungan melalui kesempatan untuk berlatih dengan militer Indonesia, dan tentu saja, memperkuat hubungan militer bilateral Australia-Indonesia.

“Satu kompi infanteri dari Batalyon ke-5 Brigade Tempur 1 di Darwin, serta pengamat dari Komando Operasi Khusus dan Pusat Latihan Tempur akan berpartisipasi dalam latihan ini,” katanya.

Diketahui, Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield 2022 bertempatdi Lapangan Widya Daya Yudha Puslapur Kodiklat Kabupaten OKU Timur.

Kegiatan Latgbma yang diikuti oleh ribuan personel tentara dari 13 Negara dibuka oleh Panglima Tentara Negara Indonesia (TNI) Jendral  Andika Perkasa bersama Komandan Jenderal Angkatan Darat Pasifik Amerika Serikat, Jenderal Charles Flynn.

Gubernur Sumsel Herman Deru menilai kegiatan yang diikuti para prajurit dari 13 negara tersebut memberikan dampak yang baik bagi perekonomian. 

"Dengan kehadiran para prajurit dari 13 negara ini membuat semangat baru bagi bangkitnya ekonomi di sekitar sini termasuk pembangunannya yang diperhatikan oleh Panglima TNI," katanya. 

Panglima TNI Andika Perkasa berharap kegiatan itu dapat mempererat hubungan antarnegara sehingga nantinya berguna bagi masyarakat. 

"Dimana kita berlatih ini bisa merapatkan hubungan sehingga persahabatan berlanjut sampai kita latihan dan berguna untuk masyarakat," ujarnya.

 Dia menambahkan latihan gabungan bersama Super Garuda Shield Tahun 2022 dilaksanakan pada 1 Agustus --14 Agustus 2022 pada tiga lokasi berbeda, yakni Pusat Latihan Tempur di Baturaja, Pusat Latihan Tempur Marinir di Dabo Singkep, dan Pusat Latihan Tempur di Amborawang.

"Negara yang terlibat yakni Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura, Papua Nugini, Korea Selatan, India, Timor Leste, Kanada, Prancis, dan Inggris," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel Latihan Militer tni
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top