Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Kopi Gayo Naik Terdongkrak Permintaan

Puncak panen kopi pada Oktober dan November dan saat ini kondisi buah kopi melewati masa berbunga, tinggal menunggu panen saja.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Juni 2022  |  18:04 WIB
Dok. Kopi Gayo siap ekspor diproses di pabrik pengolahan kopi milik Koperasi Baburayan Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. - Antara/Kurnia Muhadi.
Dok. Kopi Gayo siap ekspor diproses di pabrik pengolahan kopi milik Koperasi Baburayan Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. - Antara/Kurnia Muhadi.

Bisnis.com, BLANGKEJEREN - Harga kopi gabah jenis Arabika di Kabupaten Gayo Lues mengalami kenaikan sejak sepekan terakhir yakni dari Rp35.000 menjadi Rp40.000 per bambu (1,2 kg).

Amrun, salah seorang petani Desa Agusen, Kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues, Sabtu (18/6/2022) mengatakan, naiknya harga kopi, karena permintaan meningkat, sementara persediaan terbatas.

"Saat ini belum memasuki masa panen, sehingga hasilnya tidak mampu mencukupi kebutuhan," tambah dia.

Ia memperkirakan puncak panen kopi pada Oktober dan November dan saat ini kondisi buah kopi melewati masa berbunga, tinggal menunggu panen saja.

Namun begitu, walaupun belum memasuki panen puncak, dirinya masih dapat memanen buah kopi dari kebunnya setiap dua minggu sekali yakni sisa buah kopi tahun lalu.

“Kalau sedikit sedikit masih ada buahnya, setiap dua minggu dapat lima kaleng gelondong, karena buah ujung (buah terakhir) istilah di Gayo Lues,“ jelasnya.

Dirinya mengakui, hasil panen tahun 2021 hanya mencapai 500 kilogram gelondongan kopi dalam satu hektare.

Dikatakan, hasil tersebut dinilai minim, lantaran beberapa hal tidak mendukung, seperti hujan terus menerus dan angin kencang menyebabkan gagalnya pembungaan.

Sementara Adan, salah satu toke pengepul kopi di Gayo Lues, mengaku saat ini harga beli tinggi jika dibandingkan dengan harga seminggu yang lalu.

Namun beberapa pengepul kopi di Gayo Lues, ada yang menampung gabah dengan harga Rp39.000 per bambu dan bahkan Rp38.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aceh kopi kopi gayo

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top