Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi Dikukuhkan, Inilah 3 Tantangan Kepala Perwakilan BI Sumut Doddy Zulverdi

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara memiliki peran krusial dalam memperkuat peran advisory kepada stakeholder daerah untuk merespons tiga tantangan.
Acara pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara yang baru, Doddy Zulverdi, di Kota Medan, Jumat (18/3/2022). /Istimewa
Acara pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara yang baru, Doddy Zulverdi, di Kota Medan, Jumat (18/3/2022). /Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo resmi mengukuhkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara yang baru, Doddy Zulverdi, di Kota Medan, Jumat (18/3/2022).

Seperti diketahui, Doddy kini menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh Soekowardojo.

Pada acara tersebut, Dody mengingatkan tiga tantangan yang bakal dihadapi oleh Doddy. Walau tak mudah, Dody yakin yang bersangkutan mampu melaluinya. Dody menganggap mantan Kepala Departemen Internasional Bank Indonesia itu sebagai satu di antara putra terbaik mereka.

"Hal ini mengingat Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara memiliki peran krusial dalam memperkuat peran advisory kepada stakeholder daerah untuk merespons tiga tantangan," kata Dody.

Tantangan pertama adalah partisipasi upaya menjaga kenaikan harga atau inflasi di Sumatra Utara. Menurut Dody, dampak kenaikan harga global terhadap harga domestik perlu dikendalikan dengan cara menjaga pasokan bahan pokok masyarakat.

"Penguatan sinergi pengendalian inflasi melalui forum Tim Pengendalian Inflasi Daerah juga menjadi langkah yang perlu terus didorong," kata Dody.

Tantangan kedua yakni peran Doddy dalam membantu pemerintah daerah untuk melakukan pemulihan ekonomi pascapandemi. Dody mengatakan, berbagai sektor prioritas yang telah diidentifikasi sebagai motor pemulihan perlu senantiasa didorong.

Doddy juga diharap mampu memfasilitasi pemerintah daerah dengan mitra dagang atau investor asing serta menyelenggarakan business matching. Tujuannya agar mendongkrak kinerja ekspor dan investasi di Sumatra Utara.

"Doddy Zulverdi merupakan seorang arsitek dari kerja sama internasional di Bank Indonesia. Sehingga pengalaman beliau akan memberikan nilai tambah bagi upaya mendorong ekspor Sumatra Utara," kata Dody.

Tantangan ketiga adalah penguatan reformasi struktural, termasuk infrastruktur. Hal ini perlu dilakukan melalui perluasan elektronifikasi transaksi dan digitalisasi sistem pembayaran. Menurut Dody, digitalisasi merupakan kunci pendongkrak perekonomian di masa pandemi yang banyak membatasi interaksi langsung.

Kini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara terus melakukan perluasan layanan transaksi digital antara lain melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Tahun ini, Bank Indonesia menargetkan 15 juta orang pengguna baru QRIS di Indonesia.

"Teknologi pembayaran digital memudahkan masyarakat melakukan transaksi dengan cepat, mudah, aman dan murah," kata Dody.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi menyampaikan apresiasi kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara karena selama ini telah berjalan beriringan dengan pemerintah provinsi.

Menurut Edy, analisa serta masukan dari Bank Indonesia begitu penting dan menjadi acuan bagi Pemprov Sumatra Utara dalam mengambil kebijakan di bidang perekonomian.

"Kita perlu meningkatkan sinergi dan kolaborasi ke depannya dalam mendorong akselerasi pemulihan ekonomi di Sumatra Utara," kata Edy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper