Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumsel Yakin Tol Indralaya—Muara Enim Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Jalan Tol Indralaya - Muara Enim sepanjang 119 Km merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemprov Sumatra Selatan meyakini keberadaan Jalan Tol Indralaya - Muara Enim dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat secara luas.

Plh Sekretaris Daerah Sumsel Akhmad Najib mengatakan pihaknya pun berkomitmen untuk memaksimalkan pemanfaatan pembangunan proyek itu untuk kesejahteraan masyarakat.

“Jalan Tol Indralaya - Muara Enim sepanjang 119 Km merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS),” katanya, Kamis (15/7/2021) petang.

Dia memaparkan tujuan pembangunan JTTS adalah untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas logistik dan distribusi di Pulau Sumatra dan meningkatkan koneksi dengan Pulau Jawa.

“Yang pada akhirnya menggiring peningkatan perekonomian di Pulau Sumatra," jelas Najib. 

Dia memaparkan Jalan Tol Indralaya- Muara Enim juga menghubungkan Koridor Medan - Bengkulu dengan total sepanjang 890 Km.

Ruas tersebut terbagi menjadi dua seksi, antara lain seksi I Simpang Indralaya-Prabumulih sepanjang 65 Km dan Seksi II Prabumulih-Muara Enim sepanjang 54Km. 

“Diharapkan dengan adanya Jalan Tol Indralaya - Muara Enim dapat mempersingkat waktu tempuh Palembang - Muara Enim yang semula 4 jam menjadi 1,5 jam - 2 jam," tuturnya. 

Saat ini progres fisik pembangunan Tol Simpang Indralaya - Prabumulih sudah mengalami pengerjaan sebesar 26 persen dan ditargetkan beroperasional pada Juli 2022.

Sementara ruas Prabumulih - Muara Enim lahan bebas sudah mencapai 20 persen dan lahan yang dapat dikerjakan 13 km dengan progres fisik 8,18 persen. Ruas itu ditargetkan beroperasi pada awal tahun 2023. 

Sementara itu, Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya engatakan pembuatan rest area pada ruas jalan Tol Prabumulih - Muara Enim diharapkan tidak berdampak buruk bagi pedagang kecil yang sebelumnya berjualan di sekitar jalan menuju Prabumulih ke Muara Enim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper