Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo I Layani Barang 8,65 Juta Ton pada Lima Bulan Pertama 2021

Volume tersebut turun 16,44 persen secara year on year, dibandingkan periode serupa tahun 2020 sebanyak 10,35 juta ton.
Pelabuhan Kuala Tanjung./Pelindo I
Pelabuhan Kuala Tanjung./Pelindo I

Bisnis.com, MEDAN- PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 mencatat trafik bongkar muat barang di pelabuhan umum Pelindo 1 periode Januari-Mei 2021 sebanyak 8,65 juta ton.

Volume tersebut turun 16,44 persen secara year on year, dibandingkan periode serupa tahun 2020 sebanyak 10,35 juta ton. Diketahui, trafik bongkar muat barang ini terdiri dari arus general cargo, curah cair, dan curah kering

Vice President Public Relations Pelindo 1 Fiona Sari Utami mengatakan, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan penurunan ini, diantaranya berkurangnya kegiatan muat BBM di Belawan dan Tanjungpinang.

“Muat cangkang di Rengat, muat kertas dan pupuk Dolomit di Belawan, serta muat barang general cargo di Belawan, Pekanbaru dan Tanjung Balai Karimun juga berkurang,” kata Fiona, Senin (28/6/2021).

Selain itu, kegiatan bongkar barang di beberapa pelabuhan juga menurun, di antaranya kegiatan bongkar semen di Lhokseumawe dan Malahayati, bongkar alat berat (general cargo) di Pekanbaru, dan bongkar pupuk di Belawan dan Dumai.

Adapun, trafik bongkar muat curah cair hingga Mei 2021 memberi kontribusi yang cukup besar, yaitu 3,72 juta ton atau sekitar 43 persen dari trafik bongkar muat barang hingga Mei 2021.

Secara rinci, trafik tersebut terdiri dari kinerja ekspor sebesar 2,72 juta ton, impor sebesar 44.972 ton, kegiatan muat antar pulau sebesar 120.055 ton, dan kegiatan bongkar antar pulau sebesar 842.722 ton.

Sebelumnya, dilihat dari trafik bongkar muat peti kemasnya, Pelindo 1 mencatatkan kinerja positif dengan bobot bongkar muat sebesar 582.199 TEUs (twenty-foot equivalent unit) hingga Mei 2021. Jumlah ini bertumbuh 7,72 persen dibandingkan dengan priode yang sama tahun 2020 sebesar 540.461 TEUs.

Pertumbuhan bongkar muat peti kemas tersebut disebabkan oleh meningkatnya arus peti kemas internasional di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT), Pekanbaru, serta meningkatnya arus peti kemas domestik di TPK Belawan, Lhokseumawe, dan Malahayati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper