Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bangka Tengah Segera Miliki Kawasan Edukasi Udang Vaname

Bangka Tengah memacu budi daya udang vaname. Salah satu di antaranya adalah dengan membangun kawasan edukasi udang vaname.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Mei 2021  |  01:27 WIB
Udang vaname/Antara - Syifa Yulinnas
Udang vaname/Antara - Syifa Yulinnas

Bisnis.com, KOBA – Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, membangun kawasan edukasi pembudidayaan udang vaname untuk meningkatkan kemampuan masyarakat menjadi pembudi daya yang lebih profesional.

"Kawasan edukasi pembudidayaan udang vaname kita bangun di Desa Kurau Barat dan untuk tahap awal dibangun dua kolam induk dengan kapasitas 35.000 bibit udang vaname sebagai media pembelajaran bagi para pembudidaya," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman.

Dia menjelaskan pembangunan kawasan edukasi itu menyikapi masih minimnya pengetahuan masyarakat mengenai pola pembudidayaan udang yang diminati di pasar internasional tersebut.

"Kami bangun di Kurau Barat yang merupakan desa pesisir dengan geografis yang cocok untuk tempat pembudidayaan udang vaname," ujarnya.

Dia menambahkan pembangunan dua kolam percontohan sebagai sarana pembelajaran itu dikelola secara berkelompok yang merupakan binaan Dinas Perikanan Bangka Tengah.

"Pembudidayaan udang vaname skala rakyat ini merupakan barang baru atau program baru di bidang perikanan budi daya, jadi perlu disiapkan sumber daya manusia yang benar-benar mampu di bidang tersebut," ujarnya.

Dia mengutarakan selama ini pembudidayaan udang vaname dilakukan oleh sejumlah perusahaan berskala besar. "Kita ingin masyarakat bisa diberdayakan dan berdaya guna, maka kita buat program pembudidayaan udang vaname skala kerakyatan."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bangka belitung udang vaname

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top