Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Riau Minta Pemulangan TKI Tidak Dikonsentrasikan di Dumai

Seperti tahun lalu, banyak pekerja Migran yang asal Pulau Jawa juga masuk ke Dumai.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 22 April 2021  |  17:03 WIB
Petugas perlindungan tenaga kerja (kanan) mendampingi sejumlah pekerja migran yang dideportasi dari Malaysia di Pelabuhan Internasional PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Sabtu (7/3/2020). - Antara/Aswaddy Hamid.
Petugas perlindungan tenaga kerja (kanan) mendampingi sejumlah pekerja migran yang dideportasi dari Malaysia di Pelabuhan Internasional PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Sabtu (7/3/2020). - Antara/Aswaddy Hamid.

Bisnis.com, PEKANBARU — Pemerintah Pusat, Provinsi Riau dan juga Pemerintah Kota Dumai saat ini mulai mempersiapkan Dumai yang akan dijadikan lokasi kepulangan pekerja migran asal Indonesia. Para pekerja migran tersebut berasal dari Malaysia yang sudah selesai masa kerjanya dan ada juga yang dideportasi.

Gubernur Riau Syamsuar dalam siaran persnya mengatakan, pihaknya saat ini terus berkoordinasi untuk penyiapan Kota Dumai sebagai tempat karantina sementara para pekerja migran tersebut.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan unsur terkait dalam penyiapan Kota Dumai untuk tempat karantina para pekerja migran tersebut," kata Gubri saat rapat koordinasi pengendalian Covid-19 di Gedung Daerah Riau, Kamis (22/4/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, terkait akan dijadikannya Dumai sebagai pintu masuk kepulangan pekerja Migran tersebut, dia meminta agar pekerja yang masuk adalah yang memang berdomisili di pulau Sumatra.

"Seperti tahun lalu, banyak pekerja migran yang asal Pulau Jawa juga masuk ke Dumai. Ke depannya hendaknya bisa dipilah kembali, sehingga di Riau juga tidak tertumpuk terlalu banyak," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjend Doni Monardo mengatakan, awalnya Provinsi Kepulauan Riau yang akan dijadikan pintu masuk kepulangan pekerja Migran itu.

Namun dikhawatirkan akan terjadi penumpukan sehingga juga akan diarahkan ke Riau melalui Dumai.

"Oleh karena itu, kami meminta unsur-unsur terkait bisa menyiapkan sarana pendukung seperti ruangan karantina, alat PCR serta tranportasi. Karena para pekerja Migran tersebut harus benar-benar dipastikan negatif Covid-19 sebelum dipulangkan ke daerahnya."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

TKI riau
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top