Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Naik Lagi, Pekan Ini Harga Sawit Riau Rp2.310,76 per Kilogram

Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau pada penetapan periode 10 Maret - 16 Maret 2021, mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau pada penetapan periode 10 Maret - 16 Maret 2021, mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

Jumlah kenaikan harga terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun senilai Rp13,63 per Kg atau mencapai 0,59 persen dari penetapan harga pekan lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau Defris Hatmaja menjelaskan naiknya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikan dan penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

"Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu pekan kedepan naik menjadi Rp2.310,76 per Kg," katanya dalam siaran pers, Selasa (9/3/2021).

Dia merincikan laporan harga dari masing-masing perusahaan yang menjadi sumber data yaitu untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan harga sebesar Rp14,24/Kg, PT. Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp14,52/Kg, PT. Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp74,20/Kg.

Kemudian ada yang mengalami kenaikan yakni PT. Asian Agri Group sebesar Rp65,84/Kg, PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikkan harga sebesar Rp115,80/Kg dari harga minggu lalu.

Sementara itu untuk harga jual Kernel, PT. Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp140,91/Kg, PT. Asian Agri Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp60,00/Kg, PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikkan harga sebesar Rp79,55/Kg dari harga minggu lalu. "Harga CPO pekan ini menjadi Rp10.012,44 dan harga kernel menjadi Rp7.241,11."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper