Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masuki Awal Musim Kemarau, Riau Diminta Waspadai Kebakaran Hutan

BMKG Pekanbaru mengingatkan Provinsi Riau untuk mewaspadai kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat periode kemarau perdana pada Februari hingga pertengah Maret.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  19:25 WIB
Kebakaran terjadi tidak jauh dari area perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Selasa (21/2). - Antara/FB Anggoro
Kebakaran terjadi tidak jauh dari area perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Selasa (21/2). - Antara/FB Anggoro

Bisnis.com, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mengingatkan Provinsi Riau untuk mewaspadai kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pasalnya, Riau diperkirakan akan memasuki musim periode kemarau perdana pada Februari hingga pertengah Maret.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Marzuki mengatakan pada Maret akhir hingga April Riau akan memasuki musim hujan, sedangkan pada Mei mulai pancaroba dan Juni-September musim Kemarau.

"Pada Februari mulai terjadi pengurangan curah hujan dan Riau harusnya sudah masuk waspada karhutla sampai pertengahan Maret. Curah hujan mulai menurun dari Februari hingga pertengahan Maret. Kemarau ini masih dalam kondisi normal dan belum masuk ekstrim," katanya dalam siaran pers, Senin (22/2/2021).

Pada Maret dan April, sambung Marzuki, Riau akan mulai masuk musim penghujan lagi. Kondisi itu disebabkan tipe iklim di Riau yang tergolong equatorial atau khas di area khatulistiwa.

"Daerah kita di Riau masuk tipe iklim equatorial. Pada Februari mulai terjadi penurunan peluang hujan dibanding bulan sebelumnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Marzuki mengatakan Riau pada Mei diperkirakan memasuki periode transisi musim kemarau, sedangkan pada Juni sudah memasuki musim kemarau.

"Untuk itu perlu kita waspada karhutla di wilayah Riau sampai pada pertengahan Maret dan Juni sedangkan akhir Maret sampai April masuk musim hujan pertama," ujarnya.

Sampai saat ini, BMKG Pekanbaru menyatakan musim kemarau di Riau masih normal. Namun, BMKG Pekanbaru bakal memberikan informasi terkini mengenai kondisi kemarau perdana menjadi lebih kering atau basah. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG kemarau Karhutla
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top