Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Pasaman Barat Kembali Beroperasi Setelah Berhenti Dua Tahun

Sekali penerbangan bisa membawa sebanyak 12 orang penumpang dengan anggaran subsidi pemerintah pusat.
Ilustrasi./Antara-Olha Mulalinda
Ilustrasi./Antara-Olha Mulalinda

Bisnis.com, PASAMAN BARAT - Bandara Pusako Nagari Pasaman Barat, Sumatra Barat, kembali beroperasi per hari ini Jumat 8 Januari 2021, setelah sempat terhenti selama dua tahun terakhir.

Bupati Pasaman Barat Yulianto mengatakan sebagai bentuk resmi telah beroperasinya bandara itu, juga telah dilakukan pendaratan perdana rute Pekanbaru-Pasaman Barat dan kondisi berjalan lancar.

"Untuk penerbangan perdana ini merupakan pesawat Cessna Caravan dengan kapasitas 12 penumpang. Selanjutnya akan beroperasi satu kali seminggu," kata Yulianto, Jumat (8/1/2021).

Bupati menaruh harapan yang besar dengan telah beroperasinya bandara kebanggaan masyarakat di daerah itu. Setidaknya seiring waktu berjalan nantinya, dampak ekonomi akan dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Yulianto menjelaskan bahwa Bandara Pusako Anak merupakan bandara kebanggaan masyarakat Pasaman Barat. Karena memiliki sebuah bandara yang mampu melayani penerbangan lokal selain Bandara Internasional Minangkabau.

"Kita menggunakan pesawat Susi Air. Jadi dengan telah beroperasinya bandara ini, akan membuat perjalanan dari Pasaman Barat ke Padang misalnya dan juga ke Pekanbaru dengan waktu yang cukup singkat," ujarnya.

Dimana yang biasanya dari Pasaman Barat ke Pekanbaru menghabiskan waktu selama 9 jam melalui jalur darat. Tapi bila menggunakan jalur udara yang di Bandara Pusako Anak Nagari hanya 45 menit saja untuk bisa sampai ke Pekanbaru.

Baginya bandara itu merupakan aset Pasaman Barat untuk masyarakat. Sehingga dimohonkan dukungan dari masyarakat, agar Bandara Pusako Anak Nagari kembali jaya seperti sebelumnya.

Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Rizaldi menambahkan dalam waktu dekat pihaknya memulai penerbangan dengan rute Pekanbaru-Pasaman Barat dan Pasaman Barat-Pekanbaru. Terkait tarif tiket pesawatnya, untuk rute Pasaman Barat - Pekanbaru hanya Rp 311.100 dan Pekanbaru-Pasaman Barat Rp 356.100, yang menggunakan pesawat Susi Air.

Menurutnya sekali penerbangan bisa membawa sebanyak 12 orang penumpang dengan anggaran subsidi pemerintah pusat. Akses penerbangan ini sangat bermanfaat dan mempersingkat waktu menuju Pekanbaru yang hanya 45 menit.

Kepala Bandara Pusako Anak Nagari Eva Wardi Putra menambahkan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menyetujui penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari.

Sarana dan prasarana untuk bandara dengan status perintis itu hingga saat ini masih cukup, terdiri dari gedung terminal dan kantor Kepala Bandara, gudang genset, semi tower pemandu lalu lintas udara, dengan landasan sepanjang 800 meter dan lebar 18 meter. (k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper