Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kota Palembang Zona Merah Covid-19 di Akhir 2020

Penyebaran Covid-19 di Sumsel masih tinggi terutama Kota Palembang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  20:15 WIB
Foto aerial jembatan Musi VI Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (30/12/2020). Jembatan musi VI yang memiliki panjang 925 meter dan dihiasi 1.527 lampu tersebut diresmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. - Antara/Nova Wahyudi
Foto aerial jembatan Musi VI Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (30/12/2020). Jembatan musi VI yang memiliki panjang 925 meter dan dihiasi 1.527 lampu tersebut diresmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, PALEMBANG - Kota Palembang Provinsi Sumatra Selatan menutup tahun 2020 dengan kembali berada di zona merah Covid-19 menggantikan Kota Prabumulih dampak penambahan kasus di wilayah tersebut yang terjadi signifikan selama Desember.

Data Satgas Covid-19 Sumsel Kamis mencatatkan Palembang satu-satunya zona merah di Sumsel, sedangkan 12 kabupaten/kota lainnya berstatus zona oranye dan empat daerah lainnya zona kuning.

"Penyebaran Covid-19 di Sumsel masih tinggi terutama Kota Palembang," kata Tim Ahli Satgas Covid-19 bidang epidemiologi Dr Iche Andriani Liberty.

Ia bahkan menilai kota berpenduduk 1,6 juta jiwa itu sangat tidak aman untuk diterapkan belajar tatap muka baik dari jenjang PAUD hingga perguruan tinggi, sebab pada Januari - Februari 2021 penyebaran Covid-19 diperkirakan belum dapat terkontrol.

Kota Palembang menjadi wilayah pertama di Sumsel yang mengumumkan kasus positif pada 23 Maret 2020, hingga 31 Desember 2020 total kasus positif yang terkonfirmasi telah mencapai 5.480 kasus atau setengah dari seluruh kasus di Sumsel.

Faktor geografis yang didorong tingginya kegiatan masyarakat menyebabkan Kota Palembang terus memunculkan kasus positif baru, kata dia, padahal dari sisi perawatan kasus dinilainya sudah cukup baik dan mampu meningkatkan kasus sembuh.

"Masyarakatlah yang harus mengencangkan lagi ikat pinggangnya dalam menerapkan protokol kesehatan 3M," kata Dr Iche.

Sementara satgas Covid-19 Palembang mencatat adanya 35 kelurahan berstatus zona merah atau resiko tinggi pada tiga pekan terakhir tahun 2020 dari 105 kelurahan yang ada di kota itu.

Sebanyak 35 kelurahan tersebut yakni Kelurahan 30 Ilir, Gandus, Karang Jaya, Pulokerto, 5 Ulu, 15 Ulu, Bagus Kuning, Talang Bubuk, Komperta, Lorok Pakjo, Demang Lebar Daun, 24 Ilir, 19 Ilir, 26 Ilir, Talang Semut, 20 Ilir 1, 15 Ilir.

Sebanyak 20 Ilir IV, Talang Aman, Ario Kemuning, Sekip Jaya, Pahlawan, 20 Ilir D II, 8 Ilir, 2 Ilir, Sei Buah, Kalidoni, Sei Selayur, Sei Selincah, Sei Lais, Lebong Gajah, Sri Jaya, Talang Kelapa, dan Alang-Alang Lebar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palembang sumsel Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top