Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satgas Covid-19: Banyak Pelanggaran Protokol di Mebidang

Tim Satgas Covid-19 Medan, Binjai, Deli Serdang (Mebidang) laksanakan razia protokol kesehatan dan berikan tiga teguran non tertulis kepada pemilik usaha, empat teguran tertulis, 26 orang sanksi fisik, satu orang sanksi non fisik karena tidak menjalankan protokol kesehatan.
Masker /antara
Masker /antara

Bisnis.com, MEDAN - Tim Satgas Covid-19 Medan, Binjai, Deli Serdang (Mebidang) laksanakan razia protokol kesehatan dan berikan tiga teguran non tertulis kepada pemilik usaha, empat teguran tertulis, 26 orang sanksi fisik, satu orang sanksi non fisik karena tidak menjalankan protokol kesehatan.

Razia protokol kesehatan tersebut dilaksanakan Rabu (28/10/2020) di kawasan pinggiran Medan-Deli Serdang. Lokasi razia berada di Pasar Delitua dan Pasar Merah di Jalan Menteng Raya Medan.

"Kita cukup kecewa di tempat-tempat seperti ini masih banyak masyarakat yang tidak mau pakai masker, tidak menjaga jarak, padahal tempat ini aktivitasnya tinggi dan ramai hingga malam. Kita sosialisasikan protokol kesehatan dan bagikan masker kepada masyarakat," kata Koordinator Tim Satgas Covid-19 Mebidang Serka Erwin di Posko Satgas Covid-19 Sumut,dikutip Jumat, (30/10/2020).

Di daerah Pasar Merah, Satgas Covid-19 Mebidang menemukan banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker dan berkerumun. Terdapat satu tempat usaha bernama Rumoh Kopie Atjeh yang seluruh karyawannya tidak memakai masker.

Selanjutnya terdapat juga warung internet (warnet) bernama Bloodynet yang juga tidak menerapkan protokol kesehatan. Tim Satgas Covid-19 memberikan teguran kepada dua tempat usaha ini dan memberi sanksi fisik bagi pengunjung yang tidak mengenakan masker.

Pelanggaran serupa juga ditemukan Tim Satgas Covid-19 Mebidang saat bergerak ke Jalan Tempuling. Mayoritas warung kopi (Warkop) di lokasi ini tidak menerapkan protokol kesehatan, begitu juga pengunjungnya. Ada tiga warung kopi yang ditindak dan diberi peringatan tertulis tim Satgas Covid-19 Mebidang di lokasi ini yaitu Warkop DWS, Ambai Corner Coffee dan Sun Coffee.

"Beberapa hari sebelumnya kita banyak bergerak di sekitaran pusat kota, namun sepi, mungkin karena libur panjang pekan ini. Tetapi di pinggiran kota ternyata cukup ramai dan masyarakatnya mayoritas tak patuh protokol kesehatan. Ini sangat disayangkan," tambah Erwin.

Salah satu pengelola Warkop di Jalan Tempuling, Junaidi mengakui pelanggaran protokol kesehatan di tempat usahanya. Dia memastikan akan mengikuti anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan.

"Kita sebenarnya sudah mengingatkan pengunjung, tetapi hari ini memang cukup ramai sehingga ada yang terlewat. Ke depan kita akan lebih tegas menerapkan protokol kesehatan di sini," kata Junaidi, Rbu (28/10/2020).

Pengunjung Warkop DWS, Ani mengaku tidak menyangka Tim Satgas Covid-19 Mebidang sampai ke Jalan Tempuling. Dia mengaku kejadian ini akan membuatnya terus ingat untuk disiplin protokol kesehatan.

"Gak nyangka Tim Satgas sampai ke sini, kirain di tengah kota aja. Saya dan teman-teman akan saling mengingatkan pakai masker kalau tak mau di suruh push-up dan nyanyi," kata Ani, Rabu (28/10/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper