Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Semester I/2020, Realisasi Investasi PMA dan PMDN Sumut Rp19,03 Triliun

Pencapaian investasi sebesar Rp19,028 triliun, itu terdiri dari nilai investasi PMDN sebesar Rp9,847 triliun dan PMA Rp9,181 triliun
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  20:41 WIB
Sebagai upaya meningkatkan konektivitas di Pulau Sumatra, pemerintah Indonesia melalui PT Hutama Karya (Persero) tengah membangun Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat untuk mempermudah akses dari Medan ke Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara.  - Hutama Karya
Sebagai upaya meningkatkan konektivitas di Pulau Sumatra, pemerintah Indonesia melalui PT Hutama Karya (Persero) tengah membangun Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat untuk mempermudah akses dari Medan ke Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara. - Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sumatra Utara mengungkapkan realisasi investasi penanaman modal asing (PMA) dan dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) di wilayah tersebut sudah mencapai Rp19,03 triliun selama semester I/2020.

"Pencapaian investasi sebesar Rp19,028 triliun, itu terdiri dari nilai investasi PMDN sebesar Rp9,847 triliun dan PMA Rp9,181 triliun," ujar Pelaksana Tugas Kepala DPMPTSP Sumut Arief S Trinugroho di Medan, Jumat (7/8/2020). 

Menurut dia, pencapaian investasi sebesar Rp19,03 triliun di Sumatra Utara (Sumut) tersebut didorong terjadi kenaikan investasi pada kuartal II/2020. Selama periode April-Juni, realisasi investasi meningkat menjadi Rp9,84 triliun, lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang masih Rp9,19 triliun.

"Kalau investasi PMA di kuartal II tidak turun dan bisa tetap naik seperti PMDN, realisasi investasi di semester I/2020 bisa lebih besar dari Rp19,03 triliun yang berhasil diraih," katanya.

Pada kuartal II, nilai investasi asing hanya Rp3,96 triliun, lebih rendah dibandingkan dengan capaian pada kuartal I/2020 yang sudah ada di level Rp5, 22 triliun. Penurunan investasi PMA tersebut, lanjut Arief, merupakan dampak pandemi Covid-19.

Di sisi lain, penanaman modal dalam negeri pada kuartal II tetap mencatatkan kenaikan menjadi Rp5,88 triliun dari sebelumnya sebesar Rp3,97 triliun pada kuartal I.

"Sumut masih berharap bisa mencapai target investasi 2020 yang ditargetkan BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) sebesar Rp46 triliun," ujar Arief S Trinugroho.

Dia menjelaskan, jumlah target investasi untuk periode tahun 2020 tersebut naik Rp13 triliun dibandingkan dengan target 2019 yang sebesar Rp33 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi sumut investasi asing

Sumber : Antara

Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top