Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hutan Rusak Akibat Timah di Babel akan Dijadikan Tambak Udang

Pemprov Bangka Belitung berencana merefungsionalisasi hutan yang rusak akibat pertambangan timah menjadi tambak udang.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 10 Juli 2020  |  20:47 WIB
Kubangan bekas penambangan timah di Tanjung Pesona, Sungailiat, Provinsi Bangka Belitung. - Friends of the Earth
Kubangan bekas penambangan timah di Tanjung Pesona, Sungailiat, Provinsi Bangka Belitung. - Friends of the Earth

Bisnis.com, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berencana merefungsionalisasi kawasan hutan lindung yang rusak akibat penambangan timah menjadi tambak udang.

Wakil Gubernur Abdul Fatah dalam rapat teknis optimalisasi lahan pertanian dan tambak udang rakyat pada Jumat (10/7/2020) mengatakan kawasan hutan lindung di Babel ribuan hektare rusak akibat tambang timah.

Oleh sebab itu, Pemprov Babel berkeinginan untuk merefungsionalisasi kawasan hutan lindung yang rusak untuk dimanfaatkan sebagai tambak udang yang dikelola masyarakat melalui koperasi desa atau bumdes.

Sebelumnya Pemprov Kepulauan Bangka Belitung memang menyatakan bakal menggenjot produksi udang vaname untuk menggantikan timah sebagai komoditas andalan provinsi itu.

Untuk merefungsionalisasikan kawasan tersebut, lanjut Wagub, Pemprov Babel akan meminta izin dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Dia mengutarakan bahwa Gubernur Babel Erzaldi Rosman telah meminta data dari Dinas Kehutanan provinsi mengenai daerah mana yang rusak untuk diusulkan ke Kementerian KLH agar dapat dijadikan sumber ekonomi bagi masyarakat.

“Rencananya dijadikan tambak udang yang dikelola masyarakat. Selama ini hutan tersebut tidak menghasilkan apa-apa. Kalau dijadikan tambak udang tentunya menjadi nilai tambah," kata Abdul Fatah sebagaimana dilansir laman resmi Pemprov Babel.

Sejauh ini di Bangka Tengah ada 1.800-an hektare hutan lindung rusak, belum lagi beberapa kabupaten lainnya.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Babel, Marwan, membenarkan bahwa Pemprov Babel meminta kepada pemerintah pusat agar kawasan hutan lindung yang rusak dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

udang timah bangka belitung
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top