Bangka Belitung Terus Genjot Produksi Lada

Pemprov Bangka Belitung berjanji tidak akan berhenti memberi dukungan kepada petani lada. Di sisi lain, petani diminta tidak lagi mengandalkan cara tanam tradisional.
Tanaman lada./Antara
Tanaman lada./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menegaskan pemerintah tidak akan berhenti memberi dukungan kepada petani lada. Di sisi lain, dia meminta petani tidak lagi mengandalkan cara tanam tradisional.

Hal itu dikemukakan Gubernur Babel ketika memberikan bantuan kepada Kelompok Tani Subur Tani dan Sumber Barokah di Desa Bedengung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, pada Rabu (8/7/2020).

Sebanyak 16.000 bibit lada, 4.000 kg pupuk organik, 160 kg trichoderma, dan 100 liter hebrisida diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Babel.

Erzaldi menegaskan pemerintah tidak akan berhenti memberi dukungan kepada petani lada. Ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengembalikan kejayaan di Babel.

"Kita kembalikan kejayaan lada di Babel ini. Untuk itu, Pemprov memberikan bantuan bibit, pupuk, dan trichoderma. Bantuan ini kami berikan gratis kepada masyarakat untuk mengurangi modal petani Rp6 juta hingga Rp10 juta. Jadi, tolong dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.

Dia meminta petani tidak lagi megandalkan cara tanam tradisional mengingat kondisi lahan saat ini tidak sama lagi. Petani tidak boleh menanam bibit sebelum memperoleh penyuluhan dan pendampingan dari penyuluh pertanian lapangan (PPL).

"Bibit yang kami berikan ini unggul dan bersertifikat. Oleh karenanya, cara tanamnya pun menggunakan metode baru dengan standar operasional prosedur [SOP] yang akan disampaikan oleh PPL. Jadi, saya minta PPL harus aktif mendampingi petani," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Erzaldi memberikan tips cara menanam bibit serta penggunaan pupuk yang tepat.

"Metode tanam harus tepat, harus memperhatikan arah sinar matahari. Luasan lubang berukuran 40x40 cm agar akar dapat berkembang dengan cepat untuk menyerap nutrisi. Penggunaan pupuk pun harus sesuai, ini kami juga berikan trichoderma untuk menghindari busuk batang dan penyakit kuning pada lada," ujarnya.

Erzaldi juga memberikan motivasi kepada petani walaupun saat ini harga masih rendah. "Turun naiknya harga lada ditentukan oleh pasar. Oleh karena itu, petani diharapkan mampu ikut menjaga pasokan lada di pasar. Kuncinya, petani harus kompak."

Untuk membantu perekonomian petani, Erzaldi meminta petani lada terus berinovasi memanfaatkan sistem tumpang sari.

"Jangan hanya mengandalkan satu komoditas. Upayakan tumpang sari memanfaatkan celah lahan kosong di antara komoditi utama. Tanam cabe, jahe, serta tanaman lain sesuai dengan instruksi PPL," ungkapnya sebagaimana dilansir laman resmi Pemprov Babel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper