Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Malam Takbiran di Sumut, Gugus Tugas: Terapkan Protokol Kesehatan

Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumatra Utara meminta masyarakat memperhatikan protokol kesehatan saat melaksanakan takbiran Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 23 Mei 2020  |  16:23 WIB
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP)  Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah, di Medan, Rabu (13/5/2020). - Antara
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah, di Medan, Rabu (13/5/2020). - Antara

Bisnis.com, MEDAN — Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumatra Utara meminta supaya masyarakat memperhatikan protokol kesehatan saat melaksanakan takbiran Idulfitri di tengah pandemi Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumatra Utara Aris Yudhariansyah mengatakan bahwa takbiran Idulfitri di masjid harus sesuai dengan protokol kesehatan. Hal yang penting diperhatikan di antaranya penerapan menjaga jarak fisik, jaga jarak minimal 2 meter, wajib menggunakan masker, dan terdapat sabun dan air untuk mencuci tangan.

Dia mengimbau agar masyarakat tidak melaksanakan kegiatan takbir keliling.

"Jika masih ingin dilaksanakan, maka patuhi protokol kesehatan. Jangan sampai tujuan baik, tetapi hasilnya justru sebaliknya!" katanya, Sabtu (23/5/2020).

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Sumatra Utara Akmaluddin Syahputra mengatakan bahwa setiap muslim disunahkan menyemarakkan dan menghidupkan Idulfitri, terutama pada malam hari. Umat muslim disunahkan membaca takbir, tahmid, dan tahlil di masjid, jalan, dan di mana pun berada.

Namun, di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan takbiran Idulfitri sebaiknya masyarakat berada di rumah masing-masing. "Takbiran di masjid hanya dilakukan oleh takmir masjid untuk menghindari kerumuman," katanya dalam video konferensi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lebaran 2020 gugus tugas
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top